Komisi X DPR Dukung Kelurahan Jatirangga Menjadi Kelurahan Budaya

Bagikan:

Rombongan anggota Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kampung Kranggan, Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna, selasa (22/1/2019)

JATISAMPURNA – Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kampung Kranggan, Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna untuk melihat langsung kebudayaan kampung Kranggan, selasa (22/1/2019).
Kedatangan Komisi X di pimpin oleh ibu Hetifah, Wakil Ketua Komisi X bersama anggota H. A Mujib Rohmat, H. Mohamad Suryo Alam AK, H. Dedi Wahidin dan Putu Supadma Rudana.
Rombongan komisi X sendiri di terima oleh para sesepuh kampung kranggan, tokoh budaya Kranggan Anim Imamuddin, Lurah Jatirangga Ahmad Afandi, Camat Jatisampurna Abi Hurairah dan PPKD Kota Bekasi bertempat di rumah adat kranggan.
Usai kunjungan, anggota komisi X, Mujib Rohmat kepada wartawan mengatakan, jika memenuhi kualifikasinya kampung Kranggan Jatirangga ini sebagai Desa/kelurahan Adat atau Budaya ini, bisa mendapatkan dukungan langsung dari Pemerintah.
“Dukungannya berupa pembinaan kepada Desa/Kelurahan adat ini, yang banyak desa adat itu di Bali, tapi menariknya daerah perkotaan di Kota Bekasi ini ternyata juga memiliki desa yang masih melestarikan adat kebudayaannya,” ujarnya.
“Tadi saya lihat perpaduannya budayanya menarik perhatian, ini sebetulkan adat Betawi atau Sunda, karna tadi pagelaran pencak silat lagunya sunda tapi silatnya betawi. Dan ini sangat menarik untuk dikembangkan serta dapat di jadikan perwakilan daerah perkotaan lainnya sebagai Desa Adat disini,” katanya
Mengenai kualifikasinya, kata Mujib, menurutnya sudah cukup dari sudut kuantitatif dari jumlah tokoh kokolotnya. “Yang menjadi perhatian kami adalah keterlibatan semua kalangan pada kesenian budayanya, seperti seni tari dan silat yang di pergakan oleh anak-anak hingga dewasa hingga memainkan lesung oleh para orangtua,” cetusnya.
Menurutnya, jika diliat secara keseluruhan, adat dan budaya di kelurahan Jatirangga sangat banyak ragamnya mulai dari tokoh adat (kolot) masih ada, kesenian dan kebudayaan, rumah adat.
“Ini saya kira sangat menarik, Kelurahan Jatirangga dikembangkan menjadi Desa/Kelurahan Adat atau Budaya seperti di kota-kota lainnya,” ujar Mujib.
Lurah Jatirangga, Ahmad Afandi menyambut baik atas kedatangan rombongan Komisi X DPR RI ke Kelurahan Jatirangga terkait pencanangan kampung Kranggan Jatirangga sebagai Kelurahan Budaya di Kota Bekasi.
Ia berharap, kunjungan anggota Komisi X ke Kelurahan Jatirangga ada timbal balik yang baik demi terciptanya Kelurahan Jatirangga menjadi Kelurahan Budaya.
“Semoga ada Feedback yang baik atas kedatangan Komisi X bagi Kelurahan Jatirangga yang saat ini sedang berencana melakukan pencanangan Kelurahan Budaya,” ucap Ahmad Afandi.
Ia mengatakan, saat kunjungan tadi, Komisi X sudah jelas untuk berkomitmen mendorong Kelurahan Jatirangga menjadi Kelurahan Budaya di Kota Bekasi.
“Tadi jelas, Komisi X setuju dan akan menperjuangkan Kelurahan Jatirangga menjadi Kelurahan Budaya di tingkat nasional,” ujarnya.
“Ini adalah usulan Kelurahan Jatirangga bersama tim PPKD untuk menjadikan Jatirangga sebagai situs budaya dan museum budaya di Kota Bekasi kedepannya,” pungkasnya.(RON)

Bagikan: