Komisi IV Dorong Faskes Puskes Terus Ditingkatkan

Bagikan:

CIKARANG – Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi memastikan standar pelayanan puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi, mampu memberikan pelayanan dengan baik kepada masyarakat bahkan terus ditingkatkan sehingga menjadikan Faskes yang bisa melakukan rawat inap.

“Kendala yang sering terjadi di Puskesmas adalah karena tidak adanya ruangan bagi pasien rawat inap,” ujar anggota Komisi IV, Nyumarno.

Oleh karena itu Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi mendorong agar seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi memiliki ruang rawat inap. Jika puskesmas mampu menerapkan hal tersebut maka tidak semua pasien harus dibawa ke rumah sakit, untuk menghindari terjadinya penumpukan di rumah sakit.

“Kan bisa dirawat di Puskesmas jika nantinya bisa melakukan rawat inap, hal itu juga untuk menghindari terjadinya penumpukan di rumah sakit,” harapnya.

Sementara ini beberapa puskesmas tidak memiliki ruang rawat inap yang mengakibatkan banyak pasien dirujuk ke rumah sakit. Padahal tidak sedikit pasien harus menunggu ruang rawat inap akibat keterbatasan tempat yang disediakan oleh pihak rumah sakit.

“Anggaran kita mampu kok melayani masyarakat Kabupaten Bekasi. Idealnya sekarang setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi harus ada ruang rawat inapnya,” katanya.

Berdasarkan informasi saat ini, ada 55 puskesmas dan baru ada 10 Puskesmas yang memiliki ruang rawat inap. Untuk itu kedepannya, Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi mendorong agar sedikit demi sedikit jumlah puskesmas yang memiliki rawat inap bisa bertambah, sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat bisa lebih maksimal.

Bagikan: