Jika Wartawan Nyaleg, Harus Cuti dari Profesinya

BOGOR – Beberapa tokoh nasional menghadiri diskusi publik yang di selenggarakan di Hotel Amaris, Kota Bogor, pada Kamis (30/3/2023).

Bertema Peran Media dalam Mencerdaskan Anak Bangsa dan Menjaga Bingkai Persatuan dan Kesatuan di Tahun Politik 2023-2024 hadir dalam acara tersebut.

Narasumber yang hadir dalam acara tersebut, beberapa tokoh Nasional dan wartawan senior. Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, Nurcholis MA Basyari, Jodi Yudhono, HM Nasir, dan lainnya.

Rangkaian acara membahas seputar dunia jurnalistik, awak media serta independensi wartawan di era digital jelang kontestasi politik 2023-2024.

Diskusi dipandu host presenter TV Monalisa berlangsung seru, apalagi diskusi seputar era politik calon kandidat legislatif dihadiri juga komisioner Bawaslu Kota Bogor serta paparan celah kecurangan dalam proses tahapan pemilu.

Narasumber lainnya yaitu Jodhi Yudono Ketua Umum IWO juga menegaskan bahwa Wartawan harus tetap independen, tidak boleh ikut berpolitik praktis.

“Jika wartawan nyaleg atau jadi tim sukses maka harus cuti di profesinya sebagai wartawan hingga waktu pemilu berakhir, syukur-syukur jadi, kalau gak, ya boleh kembali menjadi Wartawan,” katanya.

Sementara itu salah satu peserta yang juga tokoh masyarakat yang hadir Atiek Yulis Setyowati media berperan penting dalam kehidupan bernegara.

“Ya kami menilai media sangat mempunyai andil penting dalam kehidupan bernegara sehingga media jangan mau dipolitisasi untuk kepentingan pihak tertentu,” ujarnya.

Panitia acara Aninggeldivita mengungkapkan acara diskusi publik yang digelar dengan mendatangkan para tokoh nasional, praktisi hukum dan juga sekaligus acara ulang tahun Danakirti Media Grup yang pertama.

“Sengaja kami mengundang para tokoh, dan tokoh wartawan di acara ini sekaligus ulang tahun Danakirti Grup”, imbuh Aningel, yang juga pimpinan perusahaan media di Danakirti Media Grup.(*)