Dugaan Limbah Cair B3 di Cikarang, Jurpala Indonesia Nilai Aneh dengan Kabid Gakum DLH

Bagikan:
Limbah cair B3 di saluran Irigasi

CIKARANG – Sekjen Jurpala Indonesia, Sofyan, rabu (07/06/2023) menegaskan terus melakukan tindaklanjut ke Mapolres Metro Bekasi kaitan dugaan pencemaran air yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang membuang limbah cair B3 ke saluran irigasi di Kabupaten Bekasi.

Menurutnya, limbah cair yang berwarna hitam pekat dan berbau terlihat jelas mengalir di saluran pembuangan yang berada di Kampung Poncol, Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Selasa sore, (06/06) ketika hujan lebat.

“Limbah cair tersebut saya duga limbah oli yang sengaja dibuang ketika hujan lebat. Kebetulan air di sekitar saluran pembuangan Banjir dan saluran air ini menyatu di sungai Cilemah Abang, yang di pakai oleh warga untuk mandi dan mencuci, bahkan untuk pengelolaan air minum , dan ini tidak bisa di diamkan,” jelasnya.

Sofyan juga menambahkan, saluran anak sungai Cilemah Abang sudah tercemar belasan tahun, dan baru sekarang mengetahui penyebabnya, yang diduga pelakunya adalah, PT. HM, sebuah perusahaan pengelola Limbah B3.

“Berkasnya sedang kami siapkan, dan dalam waktu dekat kami akan melaporkan temuan ini ke Polres Metro Bekasi, dan Kementerian Lingkungan Hidup,” tambahnya.

Sementara itu, Harnoko selaku Kepala Bidang Gakum Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi yang mengunjungi PT. HM, mengatakan belum bisa memastikan jenis limbah cair yang di buang di saluran pembuangan.

“Kita masih menyelidiki jenis limbahnya, dan saat ini masih dalam Proses, sedangkan untuk perusahaan yang di duga membuang limbah, masih dalam penyelidikan. Nanti kami akan kabari hasilnya,” ujar Harnoko.(*)

Bagikan: