Disperindagkop Kampanyekan Program Koncer

Bagikan:

BERITABEKASI.CO.ID, CIKARANG PUSAT –  Kementrian Perdagangan RI. Begitu pula oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kabupaten Bekasi terus digalakkan konsumen cerdas (Koncer).  Seperti diungkapkan Kasi Perdagangan Dalam Negeri pada Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Bekasi, Kustanto, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (2/5).
“Si Koncer adalah ikon baru bagi konsumen cerdas. Wujud aslinya adalah hewan kancil,” katanya.
Menurut Kustanto, untuk menjadi konsumen cerdas, dibutuhkan beberapa kiat, antara lain tegakkan hak dan kewajiban selaku konsumen.
“Konsumen sebaiknya kritis dan berani memperjuangkan haknya apabila barang atau jasa yang dibelinya tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dan tidak sesuai dengan yang diperjanjikan, tetapi konsumen juga harus mengerti akan kewajibannya,” tukasnya.
Selain itu, kata dia, teliti sebelum membeli. Maksudnya, konsumen diajak harus terbiasa untuk teliti atas barang dan jasa yang ditawarkan atau yang tersedia di pasar.
“Konsumen diharapkan dapat mengaplikasikan sikap atau perilaku Si Koncer dalam mengkonsumsi barang atau jasa, kancil yang cerdik dan berhati-hati,” tutupnya.
(Red)

Bagikan: