Bunga Bangkai Tumbuh di Pekarangan Rumah Warga Lambangsari Tambun Selatan

Bagikan:

Mekarnya bunga bangkai dimanfaatkan oleh anak-anak untu ber selfi

TAMBUN SELATAN – Tumbuhnya bunga bangkai berjenis Amorphophallus paeoniifolius atau suweg menghebohkan warga Kampung Buaran, Desa Lambangsari, Tambun Selatan, Jumat (16/11/2018).
Suweg tersebut tumbuh di lahan kosong milik warga, dengan memunculkan bunga indah yang umbinya diperkirakan seberat satu kilogram.
Pantauan dilapangan, para warga mulai berdatangan untuk menikmati ataupun menggugurkan rasa penasaran terhadap keindahan salah satu jenis bunga langka yang tumbuh di wilayah mereka. Tidak jarang, berbekal handphone, warga mulai berfoto selfie untuk mengabadikan bunga bangkai yang akrab disebut Suweg ini.
M Arif, salah satu tokoh Pemuda setempat menuturkan, awalnya kita tidak berfikir dilahan ini ada pohon bunga bangkai, karena memang sebelum-sebelumnya gak pernah ada di lahan ini. Inipun kalau tidak mekar kita ga akan tahu kalau ternyata ada pohon bunga bangkai disini
Meski demikian, lanjut Arif, kemunculan bunga bangkai diwilayahnya bukan yang pertama kali, karena beberapa tahun sebelumnya juga pernah muncul bunga yang persis sama.
“Pada tahun 2015 lalu pernah juga warga dihebohkan dengan kemunculan bunga bangkai dengan jenis yang sama. Tetapi lokasinya tidak ditempat yang sekarang ini,”ujarnya
Arif juga sempat mengira bunga tersebut saudaranya Rafflesia arnoldii. Setelah ia mencari perihal bunga itu melalui internet, dia baru mengerti jika sang bunga bangkai merupakan jenis berbeda.
“Saat ini bunga ini belum begitu mengeluarkan bau dan belum mekar sempurna, beberapa hari lagi akan terus mekar sampai sempurna dan mulai timbul bau, ini saja sudah banyak lalat,” jelasnya.
Terkait penemuan Suweg di wilayahnya, Arif mengaku akan melakukan perawatan agar bisa terlestarikan. “Kita akan merawat pohon bunga ini, karena ini adalah bunga langka,”ujarnya.(RON)

Bagikan: