Bintek BPD Tambun Bekasi Dibandrol Rp 25 Juta, Camat dan ASN DPMD Diduga Terima Ongkos

Bagikan:
Bimbingan Teknis (Bimtek) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se-Kecamatan Tambun Selatan yang berlangsung 2 hari di Sukabumi.

SUKABUMI – Peningkatan Kapasitas yang dikemas dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se-Kecamatan Tambun Selatan yang berlangsung 2 hari di Sukabumi, Jawa Barat dibandrol Rp 25 juta diduga tidak menggunakan Event Organiser.

Pasalnya, dari surat bernomor, 04 / FBPD / TBN / XI-2023. Perihal Pemberitahuan Bintek F BPD, surat berkop F BPD Tambun Selatan itu di tandatangani ‘DD’, tidak disertakan surat penawaran dari EO.

Dilihat dari surat itu, kegiatan dilaksanakan dua hari dari Senin 18 Desember sampai Selasa 19 Desember 2023 bertempat di Lido Like Resort Hotel, Sukabumi, Jawa Barat, Dldengan biaya Rp 25.000.000 (Duapuluh Lima Juta) setiap desa.

Sejumlah staf desa di Tambun Selatan yang berhasil ditemui mengaku tidak mendapatkan surat penawaran dari EO sebagai panitia penyelenggara acara Bintek BPD tersebut.

“Kagak ada surat dari EO. Harusnya kan ada surat penawaran yang masuk ke desa sebagai dasar administrasi. Inimah cuma surat dari FBPD isinya ada Bintek biaya Rp 25 juta,” ujarnya meminta tidak disebutkan identitasnya.

Dikonfirmasi tempat berlangsungnya acara tersebut membenarkan adanya kegiatan Bimtek dari Tamsel Bekasi itu. Dari informasi yang dikumpulkan FBPD Tambun Selatan memboking 37 kamar dengan type deluxe twin sharing.

“Untuk roomnya ada 37 dengan type deluxe twin. Ada 74 pack. Buget Rp 1 juta. Totalnya Rp 74 juta. Pembayaran pertama Rp 17 juta, kemudian ada masuk lagi 25 juta. Kurangnya Rp 32 juta,” kata staff hotel.

Dikonfirmasi Ketua FBPD Tambun Selatan, Darju tidak menampik terkait biaya Rp 25 Juta yang dibebankan tiap BPD perdesa. Acara ini katanya, sebagai sarana silahturahmi menjelang Pemilu agar tetap menjaga persaudaraan.

“Bintek ini biayanya paling murah, coba cek BPD di kecamatan lainnya pasti biayanya lebih dari ini. Kegiatan ini sebagai Silahturahmi untuk lebih meningkatkan persaudaraan dalam Pemilu tahun depan,” jelasnya.

Kegiatan FBPD Tambun Selatan selama 2 hari di Sukabumi itu dihadiri Ketua FBPD Kabupaten Bekasi, Camat Tambun Selatan, Sofian Hadi, ASN dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi.
Mencuat informasi di acara itu, Camat dan ASN DPMD yang hadir dalam kegiatan itu diduga mendapat ongkos dari panitia acara Bintek BPD Tamsel.(RED)

Bagikan: