Bappeda Fasilitasi Pembangunan Ruang Kelas SD Dari Program CSR

Bagikan:

BEKASI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi memfasilitasi pembangunan ruang kelas SDN 03 Sukarapih melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dari salahsatu perusahaan di Kabupaten Bekasi.

Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi, Entah Iswanto, menyampaikan bahwa pihaknya terus mengajak perusahaan-perusahaan untuk berpartisipasi dalam alokasi dana melalui program CSR. Saat ini, sudah terdata sebanyak 230 perusahaan yang turut membantu pemerintah daerah.

“Ini baru salah satu perusahaan yang membantu melalui pembangunan sekolah. Ada juga yang memberikan mobil untuk pelatihan, serta ada juga yang membangun sejumlah infrastruktur,” ujarnya.

Tiga ruang kelas yang dibangun di sekolah tersebut dirancang dengan konsep green building. Pada atap gedung, terdapat solar panel yang berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga surya.

Selain itu, untuk meningkatkan estetika dan kenyamanan para siswa, ruang kelas didesain dengan kaca besar yang dipadukan dengan lubang-lubang sirkulasi udara. Hal ini bertujuan agar ruangan terasa sejuk selama proses belajar mengajar.

Pj Bupati Dani Ramdan mengungkapkan bangunan sekolahnya rapih, bagus, dan ramah lingkungan. Terlihat dari tatakelola udara, cahaya, dan energinya menggunakan struktur yang ramah lingkungan. Keberadaan solar cell di atap sekolah yang membantu pasokan listrik untuk kebutuhan kelas.

“Aspek ini juga sebagai bentuk penanaman terhadap anak-anak kita supaya budaya ramah lingkungan ini menjadi karakter bagi anak-anak di sekolah ini yang nanti akan terbawa sampai dewasa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Imam Faturahman, mengungkapkan konsep sekolah negeri berbasis lingkungan ini baru pertama di Kabupaten Bekasi.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih yang besar atas dukungan CSR perusahaan yang sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Bekasi.

“Ini merupakan CSR pertama di Kabupaten Bekasi konsep sekolah Green Building. Mudah-mudahan tidak sampai di sini saja tapi di tempat lain di sisi utara masih banyak sekolah yang membutuhkan teman-teman pengusaha. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas bantuannya,” katanya.

Bagikan: