Rapid Test Covid-19 di Kelurahan Jatirangga Sasar Tomas

Lurah Jatirangga Ahmad Apandi mendampingi petugas medis melakukan rapid test Covid-19

JATIRANGGA – Lurah Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna Ahmad Apandi mendampingi petugas medis melakukan rapid test Covid-19 secara door to door yang berlangsung, Kamis (26/3/2020).

Lurah Jatirangga Ahmad Apandi mengatakan, rapid test Covid-19 yang dilakukan hari ini menyasar para tokoh masyarakat yakni tokoh agama dan tokoh adat di Kelurahan Jatirangga.

Pihak pemerintah Kota Bekasi menerjunkan sebanyak empat orang tenaga medis untuk proses rapid test Covid-19. Pemeriksaan sendiri dipusatkan di rumah tokoh adat Jatirangga Olot Kisan.

“Ada 12 orang tokoh masyarakat ikuti rapid test Covid-19. Mereka diambil sampel darahnya oleh petugas medis,”kata Ahmad Apandi dihubungi melalui selulernya, Kamis (26/3/2020).

Apandi menjelaskan, Rapid test dilaksanakan mengikuti intruksi Gubernur Jawa Barat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Sebenarnya ada beberapa sasaran, yakni warga ODP dan PDP, terus yang disasar juga adalah warga yang punya potensi sering berinteraksi dengan masyarakat yakni tokoh masyarakat.

“Alhamdulillah, respon para tokoh masyarakat bagus. Mereka kooperatif mengikuti proses rapid test yang dilakukan Pemkot Bekasi,”ujarnya.

Ia menambahkan, Pihak Kelurahan Jatirangga telah melakukan sosialisasi melalui himbauan dan surat edaran ke masyarakat mencegah penyebaran virus Covid-19. Selain itu, kata dia, pihaknya juga telah melakukan penyemprotan disenfiktan di sejumlah sarana publik.

“Kita telah lakukan war-war ke masyarakat. Kita juga telah lakukan penyemprotan disenfiktan di Masjid, Mushola dan Sekolah di wilayah Kelurahan Jatirangga,” imbuhnya.

Untuk di Kelurahan Jatirangga sendiri sampai saat ini tidak ada warga yang positif Covid-19. Hanya ada satu orang dalam ODP. (RON)