Anggota Dewan Ingatkan Masyarakat Tetap Tenang Hadapi Pandemi Covid-19

Dariyanto

BEKASI – Hari ke 4 pasca pemerintah kota Bekasi memberlakukan hari libur bagi seluruh kegiatan masyarakat guna memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19), masih terlihat ada sebagian masyarakat yang patuh mengikuti ketentuan yang di instruksikan oleh pemerintah, namun ada juga yang terkesan mengabaikan.

Anggota DPRD kota Bekasi dari Fraksi Golkar Persatuan, Dariyanto, mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada namun tidak panik dalam menghadapi musibah wabah pandemi Covid-19 ini.

“Mari kita tetap tenang menghadapi musibah ini, dengan tidak mengganggap enteng namun tidak dengan panik. Jaga kesehatan, jaga fikiran tetap ceria. Tetap yakin Indonesia akan ceria tanpa virus corona! ” imbaunya.

Dalam upaya kebijakan yang diambil oleh pemerintah kota Bekasi, Dariyanto memuji langkah-langkah strategis yang diambil oleh walikota Bekasi, Rahmat Effendi beserta jajarannya dalam mengantisipasi dan memutus penyebaran covid-19 yang terus bertambah. Untuk itu sebagai langkah antisipasi pemkot Bekasi mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan hal ini:

1. Lakukan gaya hidup bersih dan sehat
2. Rajin membersihkan diri, terutama cuci tangan sesering mungkin
3. Jaga stamina dan daya tahan tubuh
4. Jika merasa gangguan saluran pernapasan pakai masker, segara berobat dan istirahat di rumah.
5. Ikuti semua petunjuk dokter jika dinyatakan sebagai ODP atau PDP
6. Patuhi petunjuk dokter dan pemerintah untuk isolasi diri atau karantina di rumah.
7. Patuhi peraturan pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial (social distancing) termasuk pembatasan berkunjung ke fasilitas kesehatan kecuali kondisi emergensi atau kondisi yang memerlukan pemeriksaan dan tindakan medis.
8. Manfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang berbasis telekonsultasi dan homevisit care untuk lebih intensif berkonsultasi dan meminta saran dokter.
9. Berpartisipasi aktif ikut memutus rantai penularan Covid-19 di lingkungan tempat tinggal
10. Agar jajaran aparat keamanan TNI/Polri sampai Babinsa/Babinkam serta jajaran aparat pemerintah sampai RT/RW membantu mengawasi berjalanannya proses pembatasan sosial dan isolasi diri di rumah.

Selain hal diatas, Dariyanto mengingatkan kepada masyarakat agar bijak dan tidak asal menyebarkan berita yang berhubungan dengan coronavirus tanpa menyaring terlebih dahulu.

“Saya menghimbau dan mengajak kepada kita semua agar bijak dan tidak asal menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya yang akan menyebabkan kepanikan dan kekhawatiran bagi kita. Sudah ada beberapa kasus yang berhubungan dengan hukuman akibat penyebaran berita hoax yang terjadi akibat corona ini, untuk itu jangan sampai kita terlibat dengan kasus hukum akibat penyebaran berita-berita tersebut,” pungkasnya.(RON)