Luhut Binsar Panjaitan Pimpin Rakor Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung

Karawang – Rapat koordinasi (rakor) proyek high speed train (HST) atau kereta cepat Jakarta – Bandung yang dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan, di Kantor Kementrian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI. Selasa, (12/11/19). Turut hadir dalam Rakor, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Karawang Hj. Cellica Nurrachadiana.

Direktur Utama (Dirut) PT KCIC, Chandra Dwiputra, mengatakan pihaknya akan berupaya melakukan percepatan konstruksi. Saat ini progres konstruksi sudah mencapai 36 persen.

“Lahan kan tinggal sedikit cuma banyak masalah administrasi, pengadilan, di BPN. Maka kita minta support supaya bisa kita cepatkan,” ujarnya.

Pihaknya saat ini memang berfokus pada penyelesaian kendala yang berkaitan dengan pihak luar, seperti pembebasan lahan. Sementara dari sisi internal seperti kesiapan tenaga kerja atau jumlah alat pun akan dilakukan.

“Intinya kendala administrasi kita selesaikan dulu, nanti tinggal jumlah alat orang bisa ditambahkan. Pokoknya yang tergantung pihak luar kita selesaikan dulu,” tandasnya.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan dalam arahannya, Ia akan diberikan semua kemudahan. “Ini masuk proyek strategis nasional dan teknologinya dihitung sebagai pionir,” paparnya.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung sendiri diharapkan akan memangkas waktu tempuh Jakarta-Bandung, menjadi hanya 46 menit.

Nantinya, terdapat empat stasiun yang menyokong jalur kereta cepat ini. Yakni Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Walini, dan Stasiun Tegalluar dengan struktur 13 terowongan.

Bupati Karawang menyatakan bahwa di karawang yang merupakan salah satu kabupaten yang terlintasi oleh jalur HST ini tidak ada hambatan yang serius saat ini, hanya saja terkait BPHTB, Dirinya akan memberikan kemudahan agar HST ini dapat segera selesai dan beroperasi,” ungkap Bupati Cellica saat ditanya oleh Mentri Luhut terkait kendala apa yang ada di Karawang. (rls).