Rekomendasi Kuliner Legendaris di Bali yang Wajib Kamu Coba


Jalan-jalan ke Bali jangan lupa untuk mengunjungi kuliner legendaris yang memiliki cita rasa menggoda dengan harga terjangkau.

 Merencanakan liburan ke Bali? Sebelum kamu pergi ke Bali, ada baiknya melakukan semua perencanaan secara matang, supaya tidak ada hal yang terlewatkan. Kamu harus menuliskan daftar lengkap, mulai dari perjalanan tiket pesawt, hotel, hingga kuliner.

Salah satu caranya kamu bisa booking tiket pesawat Traveloka untuk pergi ke sana, jadwal dapat disusun dari jauh hari dengan cepat dan mudah.

Jika kamu ingin ke Bali, sebaiknya jangan hanya memikirkan destinasi wisata yang akan dikunjungi, tetapi pastikan kamu memasukan daftar tempat kuliner legendaris untuk dicicipi.

Pasalnya kota Dewata ini memiliki beragam kuliner legendaris dengan cita rasa yang sangat kaya rempah khas Indonesia. Penasaran apa saja rekomenasi kuliner legendaris di Bali? Berikut list nya.

Nasi Pedas Ibu Andika

Kuliner satu ini pasti sudah banyak yang tahu. Bagi pencinta makanan pedas, menu ini sangat wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke Bali. Jangan lupa untuk mengunjungi warung makan Nasi Pedas Bu Andika. Tempat makan sederhana dengan menu rumahan ini, menyajikan cita rasa yang sangat nikmat.

Kamu bisa mendapatkan nasi dengan beragam lauk pauk seperti nasi, ayam suir, sayuran, mie, ikan teri, sate lilit dan tetunya sambal khas miliknya. Kuliner legendaris ini bisa kamu temui di Jalan Raya Kuta, Gang Kubu 120C, Kuta Bali. Meskipun sudah terkenal dan telah lama beriri, namun cita rasa dan harga yang ditawarkan juga aman untuk kantong.

Sate Babi Bawah Pohon

Tidak dapat dipungkiri, Bali banyak menjual makanan tidak halal, sehingga bagi umat Muslim, harus lebih selektif memilih restoran. Akan tetapi, bagi kamu yang ingin mencicipi makanan non halal seperti babi, menu satu ini tidak boleh ketinggalan.

 

Kamu dapat mengunjungi lahan parkir yang berada di Jalan Patih Kelantik, Legian, Kuta. Di sana kamu bisa menemukan Sate Babi Bawah Pohon yang sangat terkenal. Namun, bagi kamu yang belum sempat ke Bali, Sate Babi Bawah Pohon ini sebenarnya sudah bisa kamu nikmati di Jakarta. Pasalnya, baru-baru ini, mereka telah membuka cabang yang terletak di Jl. Pesanggrahan Raya No. 8E, Puri, Jakarta Barat.

Ayam Betutu Men Tempeh

Tidak lengap rasanya jika sudah jauh-jauh ke Bali tetapi tidak mencicipi ayam betutu. Salah satu restoran legendaris yang menyajikan menu ini adalah rumah makan ayam betutu Men Tempeh. Restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1987 ini berlokasi di Terminal Lama, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

Bumbu rempah-rempah yang sangat kuat membuat kamu sontak menelan air liur ketika menu tersebut tersaji di atas meja makan. Dalam satu porsi kamu bisa mendapatkan sepotong ayam dengan bumbu kuah kuning pedas yang disajikan dengan nasi hangat, sayur plecing dan sambal matah. Makanan tersebut siap menggoyang lidahmu hingga suapan terakhir.

Rujak Kuah Pinah Bu Putu

Setelah berburu kuliner utama, kamu harus melipir sejenak ke Jl. Blambangan No.4x, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali untuk mencicipi Rujak Kuah Pindang Bu Putu yang sangat legendaris. Tempat makan ini sudah berdiri selama puluhan tahun dan masih menjadi salah satu kuliner yang wajib kamu kunjungi ketika ke Bali.

Dalam satu porsi rujak kuah pindang, kamu bisa mencicipi beragam kombinasi buah-buahan segar. Rujak tersebut terdiri dari bengkuang, papaya, mentimun, belimbing, keondong dan aneka buah lainnya yang disajikan dengan cara dipotong kecil dan disiram oleh kuah asam manis. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dan sangat pas untuk menjadi camilan siang harimu di Bali.

Nasi Jinggo Wikowi

Kamu pasti sudah tidak asig lagi dengan nasi kucing, bukan? Nah, di Bali, mereka memiliki kuliner legendaris yang mirip dengan nasi kucing tersebut. Nasi jingo merupakan makanan yang dibungkus dengan daun pisang dan disajikan dalam kemasan yang kecil.

Salah satu yang terkenal di Bali adalah nasi jinggo Wikowi. Kamu dapat menikmati satu porsi nasi dengan suwiran ayam, mi goreng, tempe gorieg dan sambalnya yang pedas. Satu bungkusnya biasanya dihargai sekitar Rp3.000-Rp5.000. Nasi jingo Wikowi dapat kamu kunjungi di Jalan Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali.

Jadi, jangan lupa untuk memasukan daftar kuliner legendaris di dalam jadwal perjalanan kamu ke Bali, ya!