Pertahankan Seni Budaya, Paguyuban Hariring Jagasatru Sauyunan Gelar Lomba Ibing Pencug

BEKASI – Dalam upaya mempertahankan seni tari dan tradisi budaya yang ada di tataran Pasundan Jawa Barat, Paguyuban Hariring Jagasatru Sauyunan mengelar lomba Ibing Pencug yang diikuti puluhan peserta dari berbagai sanggar dan padepokan di Kabupaten Bekasi.

Para peserta yang hadir, mempertunjukan bakat tarinya di hadapan dewan juri untuk dinilai bakat seninya.

Para peserta yang mayoritas masih duduk di bangku sekolah ini, menampilkan kemahirannya yang membuat decak kagum para penonton.

Ketua Paguyuban Hariring Jagasatru Sauyunan, Sumanta Suryaningrat mengatakan kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Pesta Rawa Binong yang digelar tanggal 14 – 15 September 2019.
“Insya Allah selanjutnya akan kita gelar setiap tahunnya,” terang tokoh seniman yang biasa dipanggil dengan sebuatan Pak Le (Pak Lenong) di Sanggar Seni Cahaya Gumelar, Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi, Selasa (10/09/2019).

Menurutnya, lomba yang diselenggarakan hari ini merupakan seleksi untuk ditampilkan saat Pesta Rawabinong.

“Juri lomba Ibing Pencug ini yakni bapak Ismail dari IPSI Kabupaten Bekasi, Agus Sukmana, ketua Paguyuban Sanggar Tari Kabupaten Karawang dan guru besar Ibing Pencug Cikarang Pusat,” ungkapnya.

Lomba Ibing Pencug dibuka oleh Kepala Desa Hegarmukti, Ajo Subarjo mulai pukul 10.00 wib ditandai dengan pemukulan Gong.

Selanjutnya, sebanyak lebih 20 peserta kategori single dan grup tampil menunjukkan kebolehannya masing-masing memperagakan atraksi Ibing Pencug diiringi nayaga dan musik gamelan secara live.