Warga RW 02 Jatikramat Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah

JATIASIH – Warga RW 02 Kelurahan Jatikramat, Kecamatan gelar perayaan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah dengan menggelar pawai obor berkililing kampung, Sabtu (31/8/2019) malam. Kurang lebih 200 orang mengikuti pawai obor menyambut tahun baru Islam tersebut.

Pantauan beritabekasi.co.id, Pawai obor sendiri dilakukan selepas sholat Isya dimulai di depan Mushola Al Ikhlas.

Ratusan warga, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa mengenakan busana muslim sambil membawa obor bergagang bambu berjalan kaki sembari melantunkan salawat.

Warga berjalan kaki dengan tertib mengelilingi kampung menempuh jarak hampir 1 kilo hingga kembali ke lokasi acara di mushola Al Ikhlas.

“Setiap menyambut Tahun Baru Islam, saya dan anak selalu ikut merayakan dengan pawai obor keliling kampung. Ini sudah menjadi tradisi bagi warga RW 02,” kata Mardiah (35), Warga RT 04/02.

Dirinya berharap tradisi pawai obor dalam menyambut Tahun Baru Islam harus terus dipertahankan. Pasalnya, pawai obor ini bisa mempererat tali Ukhuwah Islamiyah sesama umat muslim.

Syamsudin (31), warga lainya mengatakan bahwa adanya pawai obor ini merupakan bentuk syukur dan juga cara warga merayakan tahun baru Islam.

“Inilah cara kami memperingati tahun baru Islam dan ini sudah setiap tahun dilakukan. Saya dan keluarga sangat gembira berkiling pawai obor sambil mengumandangkan takbir serta shalawat,” ujarnya.

Selanjutnya, Perayaan menyambut tahun baru Islam dilakukan pembacaan doa dan ceramah agama bertempat di Mushola Al Ikhlas RT 01/02.(RON)