Tri Adhianto Ajak Pelajar Kurangi Sampah Plastik

BEKASI – Wakil Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, Tri Adhianto Tjahyono, memberi motivasi dengan mengajak kalangan pelajar tingkat SMP di wilayah setempat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Dia meminta peran pelajar untuk bersama mengkampanyekan pengurangan penggunaan sampak plastik di Kota Partriot.

“Sekarang fenomena sampah plastik di Indonesia sudah memprihatinkan. Pada 2022 nanti TPST Bantargebang tidak lagi mampu menampung sampah yang ada. Untuk itu dari sekarang harus mengurangi penggunaan sampah plastik,”ungkap Tri Adhianto, saat menjadi inspektur upacara di SMP Negeri 2 Kota Bekasi, Senin (19/8/2019).

Dia mengajak kalangan pelajar di Kota Bekasi untuk mengurangi penggunaan sampah plastik dengan cara membawa tumbler dan tempat makan sendiri saat ke sekolah. Hal tersebut salah satu cara dalam mengurangi penggunaan plastik.

Tri Adhianto juga meminta para guru dan pelajar untuk mulai mengembangkan tanaman hidroponik dengan memanfaatkan lahan kosong di sekolah.

“Karena terbatasnya lahan yang ada, saya mewajibkan murid serta guru untuk membuat tanaman hidroponik sendiri, memanfaatkan barang bekas,” tandasnya.

Menurutnya, cara itu merupakan salah satu upaya mengurangi sampah plastik. Botol-botol plastik yang sering dijumpai di tempat sampah maupun pinggir jalan, bisa menjadi media tanam melalui sistem hidroponik.

Dikatakan, bercocok tanam hidroponik di lingkungan sekolah sangat banyak manfaatnya, selain untuk membuat lingkungan lebih nyaman, juga menjadi salah satu momen untuk bahan edukasi bagi para siswa/siswi.

Upacara pengibaran bendera yang rutin dilakukan para murid SMPN 2 setiap hari Senin, kali ini tampak spesial karena dihadiri dan dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Bekasi.

Dalam kesempatan tersebut, Tri Adhianto juga menyampaikan apresiasinya kepada tim Paduan Suara SMPN 2 Kota Bekasi, yang ikut tampil tampil di Istana Negara saat peringatan HUT ke-74 RI.

“Alhamdulillah, SMPN 2 Kota Bekasi merupakan salah satu sekolah terbaik di Kota Bekasi, ikut tampil menjadi tim dalam paduan di Istana Negara dan disaksikan ribuan pasang mata saat peringatan HUT ke-74 RI,” pungkasnya.(*)