Pasca Ditetapkan, Pelantikan 50 Anggota DPRD Kota Bekasi Tinggal Menghitung Hari

BEKASI SELATAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi telah tetapkan nama- nama calon anggota DPRD Kota Bekasi terpilih periode 2019-2024. Penetapan dewan terpilih melalui rapat pleno terbuka KPU yang berlangsung di salah satu Hotel berbintang, Rabu (14/8/2019) malam

Kini pasca penetapan, seluruh anggota dewan terpilih yang berjumlah 50 orang hanya tinggal menghitung hari dilantik menjadi anggota dewan secara resmi.

Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni mengatakan, hasil pleno penetapan perolehan jumlah kursi untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi dan anggota dewan terpilih akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat melalui Wali Kota Bekasi.

“Suratnya sudah saya tanda tangani dan sudah diserahkan ke bagian Tata Pemerintahan Kota Bekasi. Rencananya besok akan disampaikan oleh Wali Kota kepada Gunernur. Proses selanjutnya tinggal tunggu verifikasi dari Gubernur, karena usulan pelantikan disertai dengan berkas-bekas pendukung,” kata Nurul Sumarheni usai rapat pleno KPU di salah satu hotel di Kota Bekasi, Rabu (14/8/2019).

Menurut Nurul, apabila semua berkas sudah lengkap dan prosesnya sudah selesai di Gubernur, nantinya Gubernur akan berkirim surat kepada Wali Kota Bekasi untuk mempersiapkan pelantikan dengan nama-nama anggota dewan yang sudah diberikan oleh KPU.

“Hanya tinggal koordinasi antara Wali Kota dengan Sekwan untuk melaksanakan pelantikan,” tandasnya.

Sementara, Sekretaris Dewan (Setwan) DPRD Kota Bekasi M Ridwan mengatakan, setelah KPU menyerahkan berkas penetapan kepada Wali Kota Bekasi melalui Tata Pemerintahan, berkas penetapan langsung di kirim ke Gubernur. Dirinya ingin tidak menunda-nunda, dan bisa secepatnya dilakukan proses pelantikan.

“Setiap aturan pasti ada filosofinya, kalau kita bilang “ikan sepat, ikan gabus”, lebih cepat lebih bagus. Tetapi tidak boleh melanggar ketentuan,” ujarnya.

Sebab, diungkapkan Ridwan, Setwan hanya sebagai User (pengguna). Artinya, apabila SK Gubernur sudah ditetapkan akan segera ditindak lanjuti.

“Namanya Setwan di bawah pak Walikota, dan atas nama Walikota melakukan itu (pelantikan),” tukasnya.

Ridwan menambahkan, Sekwan DPRD Kota Bekasi sudah mempersiapkan segalanya untuk pelaksanakan proses pelantikan anggota DPRD yang baru. Kepanitian juga sudah melakukan simulasi.

“Kita (Sekwan) sudah melakukan simulasi proses pelantikan. Bahkan, kita juga nantinya akan undang para anggota dewan terpilih untuk melakukan gladi bersih agar nanti saat waktu proses pelantikan bisa berjalan dengan lancar dan hikmad,”pungkasnya.(RON)