Wujudkan Kabupaten Bekasi Sehat, Bupati kukuhkan FMKBS

CIKARANG UTARA – Dalam rangka mewujudkan lingkungan dan masyarakat Kabupaten Bekasi yang sehat. Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja Kukuhan Forum Masyarakat Kabupaten Bekasi Sehat (FMKBS). Bertempat di Hotel Holiday Inn, Jababeka, Cikarang Utara, Rabu (31/7).

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengatakan bahwa Kabupaten/kota sehat adalah Program Pemerintah Pusat untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kabupaten/Kota yang bersih dan nyaman aman dan sehat, yang dilakukan melalui berbagai kegiatan berbasis masyarakat, yang dilakukan secara berkesinambungan.

“Untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Bekasi Sehat tentu diperhatikan penanganan kebersihan lingkungan dengan berbagai pihak, termasuk Camat dan Kepala Desa agar bisa menindak tegas siapa pun yang membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Menurut Eka persoalan kesehatan tidak terlepas dari masalah kebersihan lingkungan. Untuk itu Eka menegaskan perlunya penanganan bersama dari semua pihak untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Bekasi yang sehat.

Eka juga mengajak masyarakat Kabupaten Bekasi untuk mengupayakan dan menjaga kebersihan lingkungan hidup.

“Mari bersama-sama mengupayakan kebersihan di lingkungan, dimulai dari keluarga. Mudah-mudahan dengan terbentuknya forum ini, dapat mendorong kita menjadi masyarakat kabupaten yang sehat, yang berkualitas hidupnya. Dan saya pun berharap Semoga kita bisa menciptakan kabupaten yang bersih, aman nyaman dan sehat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Slamet Supriyadi menyampaikan Pemkab saat ini terus melakukan penataan untuk menjadikan Kabupaten Bekasi menjadi kabupaten yang aman, nyaman, bersih dan sehat.

“Kabupaten Bekasi sedang berusaha mencapai predikat Kabupaten/Kota sehat Swastisaba Padapa. Atau pemantapan melalui pemenuhan indikator pada 2 dari 9 tatanan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Slamet mengatakan Melalui Surat Menteri Dalam Negeri No. 440/3395/Bangda Kabupaten Bekasi dinyatakan lolos verifikasi dokumen Kabupaten/Kota sehat, dan dijadwalkan untuk menerima tim verifikasi lapangan pada tanggal 26 Agustus 2019.

“Meskipun banyak tugas tanggung jawab yang akan di jalankan oleh semua anggota forum, saya berharap dengan kerjasama antara pemerintah, masyarakat serta stakeholder bisa mewujudkan masyarakat Kabupaten Bekasi yang bersih, dan sehat,” tandasnya. (Humas)