Membangun Hubungan Emosional Antar Pemerintah lewat Safari Ramadhan

CIKARANG – Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi menerima kunjungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dalam rangka Safari Ramadan 1440 H, yang bertempat di Masjid Nurul Hikmah Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bekasi, Kamis (9/5).

Kabupaten Bekasi merupakan daerah keenam dalam urutan wilayah yang dikunjungi oleh Pemprov Jawa Barat selama Safari Ramadan berlangsung.

Sekretaris Daerah, Uju menyambut secara langsung kedatangan pihak Pemprov Jawa Barat yang dipimpin Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Dalam kunjungan ini, Pemprov Jawa Barat, bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menggandeng Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) untuk menyalurkan santunan uang tunai dan bingkisan berupa alat tulis kepada 50 anak Yatim piatu, 10 Bingkisan untuk Santri Salafiah, dan juga satu bingkisan santunan untuk Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Nurul Hikmah Cikarang Pusat.

Uju mengaku sangat bersyukur dan bersuka cita dan rasa syukur, atas kedatangan Wakil Gubernur Jawa Barat beserta rombongannya. Menurutnya, kunjungan ini dapat memotivasi para Aparat Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Kabupaten Bekasi untuk bekerja lebih baik dan dapat meningkatkan pelayanan untuk masyarakat di Kabupaten Bekasi.

“Dengan kehadiran bapak wakil gubernur tentunya merupakan suatu kebahagiaan bagi kami segenap Pemerintah Kabupaten Bekasi dan juga masyarakat. Kehadiran bapak dapat memotivasi kami semua, khususnya para ASN di Kabupaten Bekasi agar bekerja lebih baik lagi, dan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Bekasi,” kata Uju.

Dalam kesempatan ini pula, Uju menyampaikan bahwa Pemkab Bekasi juga telah melakukan Safari Ramadan yang akan dilaksanakan di empat titik untuk mewakili 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi. Safari Ramadan yang diadakan Pemkab Bekasi sudah dimulai pada Rabu (8/5) kemarin, dan dihadiri langsung oleh Plt. Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja ke kecamatan Cabangbungin.

Selanjutnya, Uju mengatakan bahwa ASN Pemkab Bekasi sudah 2 tahun ini bekerja sama dengan Baznas, untuk menjalani sistem zakat profesi dengan memotong langsung 2.5% dari Tambahan Penghasilan ASN secara non-tunai yang kemudian dana tersebut dikelola untuk kepentingan Umat.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dalam sambutannya mengatakan Safari Ramadan ini dilakukan dalam rangka silaturahmi dengan para ASN dan masyarakat di Kabupaten Bekasi.

“Tujuan dari Safari Ramadan adalah yang pertama, silaturahmi. Membangun kebersamaan antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Bekasi, beserta masyarakat.

Ditambahkannya sesuai dengan visi misi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu kolaborasi dan inovasi. Dirinya mengatakan bahwa kebersamaan tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa dibarengi dengan sifat – sifat tersebut.

“Hubungan emosional antara pemerintah tidak bisa berjalan dan tidak kuat jika tidak diawali dengan silaturahmi. Maka, momentum Safari Ramadan adalah tujuannya untuk silaturahmi, untuk membangun komunikasi yang ujungnya dapat membangun emosional,” tutur Uu.

Diharapkan dengan komunikasi yang terjalin dengan baik, tidak akan ada lagi informasi-informasi simpang siur yang tidak valid kebenarannya, sehingga dapat menimbulkan hoax dan fitnah.

Acara safari Ramadhan diakhiri dengan Ceramah agama serta Musafahah dengan para jamaah yang hadir di acara tersebut.(ADV)