Puncak Peringatan Hari Kartini ke 140, Plt. Bupati Bekasi dukung Pembangunan berbasis Gender

CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar Puncak Peringatan Hari Kartini yang ke-140 tahun, di Gedung Wibawa Mukti, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat. Senin (22/4/2019).

Acara tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Bekasi, para Kepala PD Kabupaten Bekasi, ketua organisasi perempuan se Kabupaten Bekasi, serta ketua TP. PKK Kecamatan, Desa, dan Kelurahan se Kabupaten Bekasi.

Plt Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan, peringatan Hari Kartini ke-140 tingkat Kabupaten Bekasi 2019 merupakan momentum yang sangat berarti bagi seluruh masyarakat.

“RA Kartini merupakan seorang pejuang perempuan yang semasa hidupnya mensejajarkan harkat, martabat dan kedudukan perempuan Indonesia,” kata Eka

Eka menuturkan, perjuangan RA Kartini patut dijadikan contoh dan motivasi. Khususnya bagi kaum perempuan di Indonesia.

“Generasi saat ini menjadi penerus perjuangan Ibu RA Kartini. Juga menjadikan RA Kartini sebagai inspirasi bagi kaum perempuan Indonesia,” katanya.

Semasa perjuangan, lanjut Eka, RA Kartini tidak pernah mengenal kata menyerah. Perempuan Indonesia itu juga merupakan sosok yang bersahaja dan tidak meninggalkan kodratnya sebagai seorang perempuan yang menjadi ciri khas perjuangannya.

“Masalah-masalah terkait perempuan merupakan pekerjaan panjang tentang pemberdayaan perempuan. Hingga harus mampu diselesaikan secara kontinu. Sehingga kaum perempuan lebih mandiri sebagaimana yang diharapkan,” katanya.

Peringatan Hari Kartini tingkat Kabupaten Bekasi tahun ini mengambil tema : dengan semangat Kartini kita tingkatkan pembangunan berbasis jender.

“Kaum perempuan di Kabupaten Bekasi harus mampu mentauladani tonggak perjuangan perempuan yang telah dilakukan pejuang perempuan Indonesia yaitu RA Kartini. Untuk dapat memenangkan dan menyikapi banyaknya tantangan dan peluang masa depan,” katanya.

“Maka kaum perempuan harus memperluas wawasan, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan. Sehingga terdapat satu pola pikir yang tepat dan sesuai dengan kompetensi dan kemampuan,” lanjutnya.

Sehingga dengan demikian, kata Eka, pada akhirnya melahirkan perempuan yang kreatif dan mandiri untuk mampu menjadi tokoh pembangunan yang berbasis jender.

“Kemarin kita melaksanakan pemilihan Legislatif, harapannya perjuangan RA Kartini mampu melekat di Kabupaten Bekasi, dengan berhasilnya perempuan Kabupaten Bekasi menduduki kursi di Legislatif. Di Pemda sudah ada 4 kepala perangkat daerah yang perempuan, mudah mudahan nanti bertambah. Camat baru 1 yang perempuan mudah mudahan nanti bertambah,” tutupnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba yang sebelumnya sudah dilaksanakan pada tanggal 18 April dan penyerahan hadiah diberikan langsung oleh Plt. Bupati Bekasi.

Adapun rangkaian lomba dalam rangka memperingati Hari Kartini ke-140 antara lain Lomba Tata Rias Busana Serasi, Lomba Kreasi Masakan Berbahan Tempe dan Sayuran, yang diikuti oleh perwakilan Perangkat Darah (PD) Kabupaten Bekasi, TP. PKK Kecamatan, dan Organisasi Wanita.
Serta lomba perempuan inspiratif yang diikuti oleh 41 peserta yang dilaksanakan pada 10 April 2019.(jie)