BPBD Kabupaten Bekasi Turunkan Tim URC Bantu Warga Pebayuran

BPBD) Kabupaten Bekasi menerjunkan tim dari Unit Reaksi Cepat (URC) untuk membantu warga yang rumahnya terdampak bencana puting beliung

PEBAYURAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi menerjunkan tim dari Unit Reaksi Cepat (URC) untuk membantu warga yang rumahnya terdampak bencana puting beliung di Desa Karang Harja, Kecamatan Pebayuran.

“Tim dari BPBD dipimpin Kasie Kedaruratan sudah meluncur dari tadi pagi, sekitar jam 8an kelokasi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya, Jum’at (29/03) siang.

Untuk penanganan sementara terhadap korban, BPBD akan memberikan bantuan berupa tikar, air mineral, makanan siap saji, family kit dan peralatan makan.

“Selain itu, tim juga membawa alat-alat pemotong, seperti gergaji mesin serta peralatan lainnya untuk membantu evakuasi dilokasi,” ungkapnya.

Sementara untuk bantuan lainnya, BPBD akan akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial, Baznas Kabupaten Bekasi serta pihak-pihak lainnya.

Diketahui, puting beliung menerjang sejumlah wilayah di Desa Karangraharja Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi, Kamis (28/03) sore.

Berdasarkan data sementara, sedikitnya 176 rumah rusak akibat kejadian tersebut. Jumlah tersebut terdiri dari 20 rumah rusak berat, 26 rumah rusak sedang dan 130 rumah rusak ringan.

Adapaun rumah yang mengalami rusak berat rata-rata berupa rumah semi permanen. Angin yang menerjang membuat atap rumah berterbangan dan membuat bangunan rumah ambruk.