Rakerda Dekopinda Kota Bekasi ke-IV 2019 Dibuka oleh Wakil Walikota Bekasi

BEKASI SELATAN – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Bekasi menggelar Rakerda IV bertema “Revitalisasi Koperasi Untuk Mewujudkan Perkembangan Pertumbuhan Koperasi Maju Untuk Kesejahteraan Anggota dan Rakyat” bertempat di Hotel Amaroossa, Kamis (14/03/18).

Dalam acara tersebut dihadiri Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto, Ketua Dekopinwil Jawa Barat Mustofa Djamaluddin, Kepala Dinas UMKM Kota Bekasi Karto dan Kepala Dekopinda Kota Bekasi Anim Imamuddin.

Dalam sambutannya Tri Adhianto menjelaskan koperasi bukan hanya bertujuan sebagai wadah simpan dan pinjam uang, oleh karena itu butuh peningkatan fungsi dalam perkoperasian bagi anggotanya. Ia pun menyarankan agar koperasi bisa memanfaatkan teknologi yang ada dengan salah satunya adalah membuat website dan aktif dalam media sosial.

“Sekarang zaman sudah maju, semua sudah pakai teknologi yang bagus dan canggih, Oleh karena itu koperasi harus punya Website dan Media Sosial sendiri, kalau sudah aktif di kedua itu, koperasi bisa memasarkan produknya lebih luas lagi dan kemungkinan besar dapat bekerja sama dengan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) maupun bank sampah untuk memasarkan produknya melalui dunia maya,” ucapnya

Menurut Tri Adhianto, berkat adanya koperasi dan UKM di Indonesia, perekonomian tetap stabil. karna ekonomi di Indonesia tidak hanya mengandalkan pasar global yang secara penuh dipengaruhi oleh harga dollar.

“Coba kalian lihat Negara Chilli yang bergantung kepada dollar, sekarang sudah habis. Kita di Indonesia masih berdiri dan insya Allah akan lebih maju lagi perkembangan perekonomiannya”.

Pemerintah Kota Bekasi juga berkomitmen untuk terus memajukan koperasi yang ada di Kota Bekasi. Karena melalui koperasi, semangat kerjasama dan kebersamaan di tengah masyarakat juga bisa dibangun kembali. Dekopinda dalam hal ini diminta untuk berperan aktif dalam membangun koperasi bersama pemerintah. Sehingga, keberadaan koperasi bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

“Kehidupan gotong royong mulai terkikis, ini yang harus kita bangkitkan kembali, dan koperasi harus punya potensi ekonomi dan pendidikan yang bisa terus di kembangkan supaya lebih maju dalam bidangnya,” tutup Tri Adhianto.

Ditempat yang sama, ketua Dekopinda Kota Bekasi Anim Imamuddin mengatakan bahwa memang setiap tahun kita mengadakan Rakerda dan melaporkan setiap tahun apa yang dikerjakan Dekopinda untuk kemajuan koperasi di Kota Bekasi

Ia pun menegaskan akan melanjutkan MoU dengan Walikota Bekasi Rahmat Effendi untuk pembangunan kantor Dekopinda, ini yang masih terkendala dan masuk dalam program kerja kita setahun kedepan.

“Tadi sudah disampaikan pak Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto, bahwa gedung yang ada akan dibuatkan 3 lantai, rencananya bawahnya nanti parkir lantai pertama untuk rapat dengan pengurus UMKM dan atasnya untuk pengurus,” pungkasnya.

Untuk program tahun ini lanjut Anim, Dekopinda Kota Bekasi juga akan mengembangkan program IT bagi semua pengurus atau anggota koperasi. Sehingga pemanfaatan basis teknologi menjadi hal penting ke depannya. 

“Ini juga terkait permodalan, jumlah anggota dan volume usaha akan termonitor dalam informasi teknologi itu,” jelas Anim yang juga Ketua Koppas Kranggan. (RON)