KPU Kota Bekasi Mulai Lakukan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2019

Para pekerja sedang melakukan proses pelipatan surat suara di gudang KPU Kota Bekasi yang bertempat GOR Kota Bekasi, senin (11/3/2019)

BEKASI SELATAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mulai melakukan proses penyontiran dan pelipatan surat suara pemilu 2019 yang bertempat di GOR Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Senin (11/3/2019). KPU melibatkan 300 orang pekerja untuk melakukan proses penyontiran dan pelipatan surat suara tersebut.

Saat ini, Para pekerja baru bisa melakukan proses penyontir dan melipat terhadap 3 jenis surat suara yaitu surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Bekasi, setiap jenis surat suara berjumlah 1.715.763 lembar. Sedangkan surat Suara DPD dan Presiden menyusul diterima olek KPU Kota Bekasi.

Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni menjelaskan, kegiatan penyontiran dan pelipatan surat suara pemilu 2019 melibatkan 300 orang pekerja. Mereka di bagi menjadi 12 kelompok dengan 12 kelompok dengan setiap kelompok 25 orang pekerja.

“Penyontiran dan pelipatan di mulai dari jam 08.00 WIB sampai jam 17.00 WIB per hari. Saat ini sedang dilakukan pelipatan surat suara pemilihan DPRD Kota Bekasi,” kata Nurul Sumarheni di lokasi.

Nurul menjelaskan, KPU kota Bekasi juga mengarahkan para pekerja untuk melakukan proses pelipatan per Daerah Pemilihan (dapil) Kota Bekasi, cara ini dilakukan untuk mempermudah pelipatan dan pengangkutan surat suara.

“Kita buat memang perdapil (pelipatan), supaya mempermudah dalam proses pengangkutan surat suara nantinya,” ujarnya.

Ia mengatakan, anggaran pelipatan surat suara pada Pemilu 2019 ini dibagi 2 jenis. Jika surat suara seperti DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota dan DPD RI itu Rp 80 per lembar. Sedangkan untuk surat suara Presiden Rp 70 per lembar.

“Honor tersebut kotor ya, belum di potong pajak. Honor itu juga sudah sekalian dapat makan,” kata Nurul.

KPU Kota Bekasi sendiri menargetkan proses penyortiran dan pelipatan surat suara sudah selesai pada akhir bulan Maret, dan paling lambat sekali ditarget pada tanggal 5 April semua proses pelipatan harus sudah selesai semuanya.(RON)