Bawaslu Akan Lanjutkan Dugaan Pelanggaran Pemilu Caleg Intan Fauzi ke Sentra Gakkumdu

Bawaslu Kota Bekasi temukan ratusan Dus produk makanan ibu hamil saat Sidak di Posko Caleg Intan Fauzi di Ruko Galaxy, Bekasi Selatan, Selasa (5/3/2019)

BEKASI SELATAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi akan lanjutkan dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan Caleg DPR RI dapil Kota Bekasi dan Kota Depok dari Partai Amanat Nasional (PAN), Intan Fauzi ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), agar dilakukannya proses pendalaman terhadap bukti-bukti yang berhasil dikumpulkan Bawaslu.

“Kita sudah ada bukti materil, barangnya sudah kita temukan. Kemudian foto dan saksi-saksinya. Saksi sudah ada empat, dua dari luar dan dua lainnya dari Bawaslu. Jumat ini (8/3/2019) kita mulai rapat pembahasan satu bersama Gakkumdu,” ujar Komisioner Bawaslu Kota Bekasi, Ali Mahyail Kamis (7/3/2019).

Ia mengatakan, sebelumnya, Bawaslu memutuskan Caleg DPR RI dapil Kota Bekasi dan Kota Depok dari Partai Amanat Nasional (PAN), Intan Fauzi melakukan pelanggaran pemilu dengan memanfaatkan fasilitas Negara, yakni mendompleng produk yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI.

Keputusan itu diambil setelah sebelumnya dilakasanakan rapat internal di Bawaslu Kota Bekasi.

“Kita (Bawaslu Kota Bekasi) sudah sepakat itu masuk pelanggaran, sebagaimana diatur pada pasal 523 ayat 1 juncto pasal 280 ayat 1 huruf j Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, bahwa peserta kampanye memberikan atau menjanjikan uang atau materi lainnya, dengan ancaman hukuman 1 tahun penjara dan denda Rp 12 Juta,” kata Ali Mahyail.

Menurutnya, Apabila seluruh prosedurnya telah ditempuh dan terbukti bersalah, Intan tidak saja terancam dipidana, tapi juga didiskualifikasi sebagai peserta pemilu.

“Regulasinya itu ketika dia dinyatakan bersalah oleh Hakim, seberapapun hukuman penjaranya, mau satu jam, satu hari, satu bulan, tetap dia akan dicoret,” papar Ali.

Sebelumnya, Bawaslu melakukan investigasi ke posko pemenangan Intan, di salah satu ruko di Grand Galaxy City Bekasi. Di sana Bawaslu menemukan ratusan kardus berisi makanan balita dan susu ibu hamil yang diproduksi oleh Kementerian Kesehatan RI, yang juga sudah dilengkapi dengan tempelan stiker Intan sebagai Caleg.

Barang-barang tersebut diduga dijadikan bahan kampanye oleh Intan dan timnya. Dan telah dibagikan di dua titik, di wilayah Bekasi Timur dan Jatiasih.(RON)