Simpan Surat Suara, KPU Kota Bekasi Pinjam GOR Milik Pemkot

KPU Kota Bekasi mulai terima Logistik berupa surat suara pemilu 2019

BEKASI TIMUR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi meminjam Gelanggang Olahraga (GOR) milik Pemkot Bekasi yang berlokasi di area Stadion Patriot Chandrabhaga sebagai tempat penyimpanan Surat Suara Pemilu 2019.

KPU Kota Bekasi beralasan gudang yang ada berlokasi di Duren Jaya sudah diisi kotak suara, tidak memungkinkan untuk menampung Surat Suara Pemilu yang mulai diterima oleh KPU.

Selain itu, terbatasnya anggaran, membuat KPU Kota Bekasi tidak bisa menyewa gudang, sehingga KPU pinjam GOR milik Pemkot Bekasi sebagai tempat penyimpanan dan pelipatan Surat Suara hingga April mendatang.

“Gudang kita di Duren Jaya terlalu kecil, tidak memungkinkan menyimpan Surat Suara, selain itu anggarannya untuk sewa gudang juga kecil. Akhirnya KPU pinjam GOR milik Pemkot sebagai tempat penyimpanan dan pelipatan Surat Suara. Dipakainya GOR oleh KPU sudah mendapatkan izin dari Pemkot Bekasi,” ucap Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni, selasa (5/3/2019).

Nurul juga memastikan logistik Surat Suara yang disimpan di GOR Kota Bekasi aman, karena akan dijaga ketat selama 24 jam oleh petugas Kepolisian.

“Saya pastikan surat suara aman, apalagi KPU dapat dukungan dari kepolisian untuk melakukan pengamanan 24 jam,” ujarnya.

setelah surat suara diterima, lanjut Nurul, KPU Kota Bekasi akan segera melakukan pelipatan surat suara, rencananya pelipatan surat suara dimulai akhir pekan ini.

“Sabtu atau minggu pekan ini akan dimulai pelipatan, tetapi belum dirapatkan lagi karena harus menghitung ulang beberapa komponennya karena terjadi perubahan dari perhitungan awal dari KPU seperti berapa nominal per surat suara, itungannya honornya kan per surat suara,” jelasnya.

Nurul menambahkan, KPU Kota Bekasi memperkirakan membutuhkan sebanyak 500 orang untuk melakukan pelipatan surat suara, dengan per jenis surat suara di butuh tenaga sebanyak 100 orang untuk melipat.

“Kira-kira 500 orang yang dibutuhkan, karena per jenis surat suara di butuhkan 100 orang untuk melakukan pelipatan surat suara,” jelasnya.(RON)