Dorong Daya Saing Produk, Pemkot Bekasi Lakukan Pembinaan UMKM

Tri Adhianto saat membuka Launching Program Business Development Services dengan tema UMKM sahabat pajak bertempat di KPP Pratama Bekasi Selatan, Jalan Cut Mutia, Bekasi Timur, kamis (28/2/2019)

KOTABEKASI- Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan Pemerintah Kota Bekasi, saat ini telah melakukan pembinaan para UMKM muda bekerja sama dengan google Singapura. Tentunya dengan adanya launching ini diharapkan agar 250.000 UMKM yang saat ini dalam binaan Pemkot Bekasi, bisa menghasilkan produk yang dapat memiliki daya saing, dapat menjadi produk unggulan ekspor.

“Sudah berjalan selama enam bulan, kami melakukan kerjasama dengan google Singapura untuk memberikan pelatihan kepada para UMKM muda di Kota kita. Saat ini Pemkot juga telah membina 250.000 UMKM, kita lakukan terus menerus, kita berikan pendampingan, agar UMKM kita bisa menciptakan produk yang memiliki daya saing tinggi dan juga menjadi produk unggulan ekspor,” ujar Tri Adhianto saat membuka Launching Program Business Development Services dengan tema UMKM sahabat pajak bertempat di KPP Pratama Bekasi Selatan, Jalan Cut Mutia, Bekasi Timur, kamis (28/2/2019)

BDS ini cukup menarik perhatian para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) se-Kota Bekasi. Pihak panitia yang menyediakan 150 table untuk bazar ini ludes diisi berbagai produk para UKM.

“Ini tujuannya mendorong para pelaku UKM untuk lebih berkembang lagi. Seperti di bazar untuk memberikan bantuan permodalan, dan lain sebagainya,” ujar Kepala Kanwil DPJ Jawa Barat, Caturini.

Terang dia, program nasional ini memang digulirkan pihaknya tak hanya memberikan pencerahan kepada para pelaku UKM. “Tetapi semua ilmunya melalui talkshow dengan para pembicara di bidangnya kami hadirkan. Mulai dari permodalan, promosi produk online, dan lain sebagainya,” terangnya.

Dia menambahkan, para pelaku UKM yang mengikuti bazar ini gratis alias tak dipungut biaya. Sebab, pihaknya secara jelas ingin lebih memajukan para UKM agar terus berkembang pesat. “Program ini akan berlanjut setiap tahun. UKM ini sudah bagus tapi kita bantu agar lebih berkembang lagi,” tambahnya.

Jelas dia, program DBS ini juga dimaksudkan sebagai sarana pembinaan wajib pajak UKM melalui kegiatan yang memberikan pelatihan dengan materi-materi yang dapat mendorong perkembangan usaha pelaku UKM agar lebih baik lagi.(RON/HMS)