Kedua Kalinya, MUKISI Gelar IHEX 2019 Di JCC

Kota Bekasi – Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) kembali menggelar International Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) di Jakarta Convention Center (JCC) pada 21-23 Maret 2019 mendatang.

Kali ini, Seminar Internasional Rumah Sakit Syariah itu mengusung tema Keberkahan (Abundance) Rumah Sakit Syari’ah di Era Kebangkitan. Dan dihadiri oleh beberapa pihak rumah sakit yang tersertifikasi syari’ah oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI)

Ketua Panitia IHEX, dr. Burhanudin Hamid mengungkapkan, IHEX 2019 ini merupakan agenda besar yang sudah dua kali gelar oleh Mukisi. Di IHEX nanti, lanjut Burhanudin, akan mempertemukan berbagai pihak yang memiliki perhatian dalam dunia kesehatan islam, mulai dari praktisi, akademisi, peneliti, pebisnis, dan stakeholder terkait. Tujuannya adalah untuk mendesiminasikan, mendiskusikan, dan mengenalkan produk dan jasa halal di bidang halal healthcare di Indonesia dengan target mencapai 1.000 peserta.

Menurut Burhanudin, pada perhelatan IHEX 2019, pihaknya masih berfokus pada isu pengembangan rumah sakit syari’ah di Indonesia “Ini adalah isu sentral dalam agenda Mukisi, sekaligus isu pembeda dengan asosiasi rumah sakit yang lainnya. Pada IHEX 2019, rumah sakit syariah akan dibahas dari beberapa pendekatan berbeda dengan tujuan yang sama, yaitu membangkitkan rumah sakit syariah di nusantara,” ujar Burhanuddin saat jumpa pers di Rumah Makan Raja Sunda, Kranji, Kota Bekasi, Selasa (26/2) malam.

Burhanudin mengatakan, agenda ini merupakan kontribusi dalam upaya dakwah Islam di sisi yang lain, sebagai bentuk aktualisasi peribadatan pada Tuhan untuk saling berguna sesama manusia. “Kami mengajak semua elemen untuk hadir dalam IHEX 2019. Untuk sharing, tentang keberlimpahan di era kebangkitan untuk rumah sakit Islam. Syariah hospital adalah yang pertama di dunia, dan Indonesia yang mencetuskan,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan akan ada sekitar 128 booth rekanan mukisi yang akan memamerkan produk kesehatan Islam (Islamic Healtcare) dan produk halal (Halal Product) pada IHEX nanti.

“Di antara produk yang akan dipamerkan adalah alat kesehatan (alkes), obat, perbankan syariah, serta industri halal lainnya yang relevan dengan pelayanan kesehatan dan produk halal. Baik industri dari dalam maupun luar negri akan turut memeriahkan,” tukasnya

Panitia IHEX berharap masyarakat, khususnya para pegiat kesehatan di tanah air dapat menghadiri dan memanfaatkan momentum IHEX 2019 ini untuk memahami dan mengembangkan industri kesehatan aman dan baik berlandaskan syariah.

“Semoga kegiatan ini nantinya mampu menghadirkan sebuah sistem pelayanan kesehatan yang memiliki kapabilitas dalam menjawab kebutuhan ummat terhadap pelayanan kesehatan yang sesuai dengan prinsip syariah, bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang,” pungkasnya.(TOM)