DKP Kabupaten Bekasi Ajak Generasi Muda Mengenal Pangan Lokal

kegiatan ini merupakan upaya mensosialisasikan kepada anak anak sekolah mengenal aneka ragam pangan beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) dari sumber pekarangan sendiri.

Pemanfaatan sumber pangan lokal sebagai sumber pangan pokok alternatif pengganti beras di lahan pekarangan, yang dapat mendorong masyarakat terutama anak-anak penerus bangsa untuk mengkonsumsi pangan lokal yang terdapat di sekitarnya, sesuai dengan kearifan lokal dan budaya setempat.

Berkaitan dengan hal tersebut Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi mengedukasi generasi muda agar mengenal dunia pertanian umumnya, khususnya pangan alternatif substitusi beras sesuai budaya lokal, dalam bentuk nyata dengan mengolah sayuran, buah menjadi makanan.

Diharapkan masyarakat terutama anak-anak dan remaja sadar akan pentingnya sektor pertanian, sehingga dapat memanfaatkan pangan yang ada untuk mencukupi kebutuhan pangan kekuarga, bahkan mengatasi masalah pangan di Indonesia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Agus Trihono dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya mensosialisasikan kepada anak anak sekolah mengenal aneka ragam pangan beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) dari sumber pekarangan sendiri.

“Anak anak sekolah sedini mungkin perlu dikenalkan pola konsumsi B2SA dengan meningkatkan konsumsi sayur dan buah untuk meningkatkan kebutuhan gizi agar dapat hidup aktif sehat dan produktif,” ujarnya.