Libur Natal dan Tahun Baru, 2.600 Petugas Disiagakan di Bandara Soetta

TANGERANG- Libur Natal dan Tahun Baru, PT Angkasa Pura II menyiagakan 2.600 petugas untuk melayani pengguna jasa Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Sejak tanggal 23 Desember, para calon penumpang sudah mulai terlihat di Bandara Soetta untuk libur Natal dan Tahun Baru. Bahkan diperkirakan akan terjadi lonjakan pada saat akhir pekan menjelang Tahun baru.

Tidak hanya petugas dari Bandara Soetta saja, petugas dari TNI dan Polri sebanyak 1000 petugas juga disiagakan untuk melakukan pengaman dan pengawasan pada saat Nataru di Bandara Soetta. Selain itu juga ada Pos penjaga, posko itu dilengkapi sejumlah layar komputer yang terhubung langsung dengan pusat informasi dari Terminal 1, 2 dan 3. Posko ini juga terhubung ribuan CCTV yang berada di Bandara Soetta.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, pihaknya telah menyiagakan personil di Bandara Soetta. Hal tersebut untuk mengamankan libur Natal dan Tahun Baru, karena memang setiap tahun para wisatawan yang menggunakan jasa transportasi pesawat terbang di Bandara Soetta terus meningkat.

“Untuk Bandara Soetta ada 2.600 personil, ditambah sekitar 600 sampai dengan 1.000 petugas gabungan TNI dan juga Polri yang disiagakan dalam perayaan tahun ini. Kami memastikan keamanan di Bandara aman karena memang semua keamanan kami jaga ketat,”ujarnya.

Lanjut Awaludin menambahkan, selain menyiagakan ribuan petugas, Angkasa Pura II mengaktifkan Posko Nataru di Terminal 1B Bandara Soetta. Para wisatawan juga bisa mencari informasi apa saja di posko yang berada di Bandara Soetta.

“Semua informasi ada mulai dari jam terbang, cuaca, sampai hal pendukung lainnya. Semua itu dapat diperoleh oleh calon penumpang di Posko ini. Bahkan kami akan melayani kebutuhan calon penumpang agar tidak terjadi penumpukan di loket yang ada disini,”ungkapnya.

Terpisah Kapolres Bandara Soetta Kombes Pol Victor Togi Tambunan mengatakan, pihaknya juga melakukan pengawasan di Bandara Soetta. Pihaknya juga menurunkan 500 personil yang ditempatkan dibeberapa titik di Bandara Soetta. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada warga yang ingin berlibur Natal dan Tahun Baru.

“Kita melakukan pengawasan di terminal-terminal yang kemungkinan ramai, selain melakukan pengawasan kita juga akan memantau tindak kejahatan seperti hipnotis dan juga penyalahgunaan narkoba yang sering terjadi di Bandara Soetta,”paparnya kepada Tangerang Ekspres.

Victor juga menjelaskan, bahwa untuk masalah lalulintas disekitar Bandara Soetta, pihaknya juga melakukan pemantauan dan juga mengatur lalulintas selama libur Nataru.

“Masalah lalulintas kami juga akan melakukan pengawasan, karena memang pada saat Nataru laluintas sekitar Bandara padat. Petugas lalulintas juga telah kami siapkan untuk mengatur jalur agar tidak terjadi kemacetan,”tutupnya.(**)