Milad Kumbesi ke-4 Dimeriahkan Pertunjukan Silat Betawi

JATIASIH – Ribuan orang dari berbagai Komunitas Betawi dan Padepokan Silat di Bekasi dan Jakarta ikut meramaikan Pagelaran Seni dan Budaya dalam rangka Milad ke-4 Kumpulan Betawi Bekasi (Kumbesi) pada Minggu (7/10/2018).

Beragam beladiri silat Betawi dari berbagai aliran dipertontonkan meriahkan Pagelaran Seni dan Budaya yang berlansung di lapangan depan Kelurahan Jatiasih.

Menurut Presiden Kumbesi, Mirod Syahrudin, kegiatan pagelaran ini dalam memperingati hari jadi Kumbesi ke-4 adalah bentuk pelestarian seni budaya lokal. Kearifan lokal yang di dalamnya ada jati diri Betawi, wajib digali dan dikembangkan.

“Seni dan budaya bela diri silat harus menjadi identitas pemersatu bangsa, khususnya dalam menjaga keutuhan budaya Betawi Bekasi,” kata pria akrab disapa Baba Roy.

Dikatakan, tujuan utama  Kumbesi didirikan, untuk menjalin tali silaturahim antar masyarakat Betawi Bekasi dan masyarakat sekitarnya.

“Kumbesi akan menjadi wadah dan terus menggali, mengembangkan dan melestarikan seni budaya Betawi di Bekasi Raya, ke depan tidak hanya silat, tetapi akan ada tari dan tradisi lainnya,” papar Babah Roy.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi, Ahmad Zarkasih menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kumbesi telah menggelar Pagelaran Seni dan Budaya dalam rangka Milad ke-4.

Menurutnya, bukan hal yang mudah menggelar kegiatan krian milad Kumbesi, karena butuh perencanaan bagaimana kriaan biar rame.

“Berkat kekompakan dan kerjasama yang baik, krian milad Kumbesi berjalan baik dan meriah,” ujar Ahmad Zarkasih, yang juga Pembina Kumbesi Korwil 1.

Tak lupa, Zarkasih juga berpesan kepada Kumbesi untuk selalu jaga silahturahmi, dan juga satukan semua perbedaan, jangan ada lagi egoisme. (RON)