Pejabat Dimutasi, Jangan-jangan, UPTD Pendidikan di Kota Bekasi Dibubarkan?

Prosesi pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi pada Mutasi Pejabar di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi di TPU Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, senin (29/10/2018)

BEKASI SELATAN – Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pembinaan Pendidikan SD Kecamtan dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pembinaan Pendidikan Non Formal Kecamatan dimutasi ke posisi jabatan yang baru.

Hal itu terlihat dalam Mutasi yang di lakukan Wali Kota Bekasi yang dilaksanakan di TPU Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, senin (29/10/2018).

Dengan dimutasinya Kepala UPTD Pendidikan di Kota Bekasi, jangan-jangan, Pemerintah Kota Bekasi mengikuti Permendagri nomor 12 tahun 2017 dengan berencana membubarkan UPTD Pendidikan SD di setiap kecamatan. Ini menjadi pertanyaan awak media.

Ketika dimintai tanggapan, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengakui memang UPTD Pendidikan sudah tidak boleh lagi kalau sesuai dengan Permendagri No 12 tahun 2017

“Kan sudah tidak Boleh (UPTD Pendidikan -red), makanya segera cepet kita tarik agar tidak terganggu,” kata Rahmat Effendi usai Pengambilan sumpah jabatan di TPU Perwira, senin (29/10/2018).

UPTD Pendidikan SD sendiri saat ini masih tetap berjalan karena belum dicabut. Tetapi, ia mengatakan, akan menemui Depdagri untuk membicarakan terkait masalah ini.

Menurutnya, kalau UPTD dicabut kan rentan kendali dari Disdik langsung ke guru bisa berantakan, karena penting, tetapi kita sudah siapkan.

“Mudah-mudahan saya bisa menghadapi itu, ya kita isi lagi nanti,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi Alie Fauzie memastikan jika kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan SD di setiap kecamatan tidak akan dibubarkan.

Menurutnya, staff yang ada dikantor UPTD Pendidikan di Kecamatan masih dibutuhkan tenaganya oleh Disdik untuk mengurus segala urusan sekolah.

“Staff personil UPTD Pendidikan SD sebagai pegawai dinas tetap ada dikantor UPTD, hanya kepala UPTD nya saja yang kosong,” kata Ali Fauzi usai Pengambilan sumpah jabatan di TPU Perwira, senin (29/10/2018).

Ali mengatakan, semua staff yang ada di UPTD pendidikan nantinya akan dibawah kendali Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) pada Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk mempermudah koordinasi.

“Koordinasi nanti langsung ke Bidang Dikdas Dinas Pendidikan, sama dengan daerah lain,” tandasnya. (RON)