DKP Gencar Berikan Informasi Peningkatan Mutu dan Keamanan Pangan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Agus Trihono

CIKARANG – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi menggelar acara Sosialisasi Peningkatan Mutu dan Keamanan Pangan. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Agus Trihono menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketersediaan dan konsumsi pangan segar yang aman bagi masyarakat melalui peningkatan pengetahuan aparat dan masyarakat tentang keamanan pangan.

Dalam acara ini, Agus trihono juga menambahkan kegiatan ini diikuti oleh para peserta dari unsur Asosiasi yang berkaitan dengan pangan.

“Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan,” katanya dalam sambutan kegiatan sosialisasi peningkatan mutu dan keamanan pangan di Hotel Santika.

Keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi.

Keamanan pangan di jaman globalisasi itu penting maka perlu dilakukan Sosialisasi tentang keamanan pangan secara terus-menerus.

Produk hasil pertanian yang memenuhi standar mutu dan keamanan pangan akan mampu bersaing di pasar domestik maupun internasional. Keamanan pangan telah menjadi salah satu isu sentral dalam perdagangan produk pangan.

Penyediaan pangan yang cukup disertai terjaminnya keamanan, mutu dan gizi pangan dikonsumsi merupakan hal yang tidak bisa ditawar dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

Tuntutan konsumen akan keamanan pangan yang juga turut mendorong kesadaran produsen menuju persaingan sehat yang berhhulu pada jaminan keamanan pangan bagi konsumen.

Untuk menjamin bahwa penanganan pangan hasil pertanian dilaksanakan dengan baik maka unit usaha pangan hasil pertanian harus mendapatkan pengakuan jaminan mutu pangan hasil pertanian, pengakuan tersebut diberikan setelah dilakukan penilaian terhadap pelaku usaha yang dinyatakan mampu dan memenuhi persyaratan.

Menurut klasifikasi Pangan segar, mutu dan keamanan pangan yakni,
• Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT ) adalah pangan asal tumbuhan yang belum mengalami pengolahan dan dapat dikonsumsi langsung dan/atau dapat menjadi bahan baku pengolahan PSAT.

• Mutu Pangan adalah nilai yang ditentukan atas dasar kriteria keamanan pangan, kandungan gizi dan standar perdagangan terhadap bahan makanan, makanan dan minuman.

• Keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda
lainnya yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia.

Ketika kita berbelanja produk segar (buah atau sayur) selalu periksa kualitas dari produk tersebut.
1. Kenali Warna produk. Sayuran atau buah segar bisa dilihat dari warnanya yang cerah segar.
2. Kenali Baunya.
– Bau juga merupakan indikator yang sangat mudah dideteksi. Produk
sayur dan buah segar memiliki bau khas yang segar dan tidak
berbau asing/abnormal.
– Bau menyengat dari produk bisa mengindikasikan qualitas produk
sudah menurun.
3. Kenali Bentuknya. Saat membeli produk segar pilihlah produk yang mulus, tidak memar.

Penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP) berlebih, Contoh : Makanan jajanan anak sekolah dengan menggunakan biang gula (pemanis buatan)atau asam benzoat (pengawet) yang berlebihan

Penyalahgunaan Bahan Berbahaya

Bahan berbahaya yang sering disalahgunakan dalam pangan: Formalin, Boraks. Pewarna tekstil, contoh, Rhodamin B, (Metanil Yellow)

Cara mencegah agar makanan tidak rusak.
Gunakan bahan baku yang baik
Bersihkan semua alat sebelum digunakan untuk memasak
Cuci tangan sebelum dan sesudah memasak
Masaklah makanan secara seksama untuk membunuh mikroorganisme yang ada di dalamnya
Simpanlah makanan ditempat yang sesuai

Pangan yang aman dan bermutu penting bagi kehidupan Jaga pangan agar tetap aman Teliti sebelum membeli, cermat dalam berbelanja

“Dari uraian tersebut menunjukkan pentingnya pengawasan dan monitoring akan kandungan residu kimia pada produk segar asal tumbuhan, terutama pestisida dan logam berat. Perlu adanya jaminan bahwa produk yang dihasilkan atau dijual benar-benar aman dan tidak mengandung residu yang melebihi ambang batas yang diizinkan. Keamanan pangan adalah satu “non-negotiable issue,” dan kritikal karena menyangkut hak asasi manusia yang paling dasar,” kata Agus Trihono.