Bapenda Kota Bekasi Gelar Opsir PBB online di Jatiasih

Bapenda melakukan Opsir dengan membuka layanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara online di RW 10 komplek Danamon-Greenhil Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, kamis (13/9/2018)

JATIASIH – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bekasi rutin kembali menggelar Operasi Sisir (Opsir) PBB Online ke Wilayah. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan Pendapatan Daerah Kota Bekasi.

Dipimpin langsung Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bekasi, Karya Sukmajaya, Bapenda melakukan Opsir dengan membuka layanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara online di RW 10 komplek Danamon-Greenhil Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, kamis (13/9/2018)

“Opsir PBB online adalah salah satu langkah yang dilakukan Bapenda untuk meningkatkan PAD Kota Bekasi dari sektor pendapatan PBB,” kata Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bekasi, Karya Sukmajaya ditemui dilokasi Opsir PBB di Komplek Danamon-Greenhil, Jatisari.

Dikatakan, Khusus opsir kali ini, Bapenda Kota Bekasi menempatkan satu petugas dari bank BJB untuk memberikan layanan pembayaran PBB kepada warga Jatiasih.

“Hari ini, Kita buka layanan pembayaran PBB mulai dari jam 09.00 WIB sampai jam 13.00 WIB,” kata Karya di lokasi

Lebih lanjut, Karya menjelaskan capaian raihan PBB Kota Bekasi hingga tanggal 06 September 2018 sudah mencapai 85, 29 Persen. Kata dia, dengan waktu tersisa 3 bulan lagi, capaian raihan PBB bisa terealisasi sesuai target ditetapkan Pemkot Bekasi.

“Kita terus berupaya dan bekerja optimal raih pendapatan PBB. Kita optimis semua akan tercapai di akhir tahun,” tegasnya.

Pelaksana Harian (Plh) Unit Pelaksana Badan Pendapatan (UPTB) Kecamatan Jatiasih, Rony Saroni mengatakan, Bapenda telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pembayaran PBB. “Sosialisasi melalui surat edaran dari Bapenda terkait pembayaran PBB sudah sering kita lakukan,” kata Rony

Menurutnya, kendala yang terjadi adalah masih banyak surat tanah yang sudah di pecah kepemilikannya, namun tidak melaporkan ke Bapenda. Sehinga harus melakukan verifikasi ulang kembali. Oleh karena itu, Kedepan Bapenda akan melakukan kegiatan one day service di Kecamatan Jatiasih.

“One Day Service warga bisa melakukan pembayaran PBB, dan juga bisa perbaikan kepemilikan hak atas tanah,” ujarnya.

Sementara, Lurah Jatisari, Mulyadi mengatakann, dengan diadakan kegiatan layanan jemput bola pembayaran PBB ini bisa menjaring bebanyak- banyaknya warga belum. membayar PBB.

“Kita ingin Jaring sebanyak-banyaknya warga ingin melakukan pembayaran PBB,” kata Mulyadi.

Dikatakan, guna mencapai target pendapatan PBB, Kelurahan Jatisari selalu rutin melakukan sosialiasasi dan mengajak masyarakat untuk bayar PBB tepat waktu.

“Sosialasi selama ini rutin kita lakukan untuk menghimbau dan mengajak warga bayar PBB. Kita optimis diakhir tahun target capaian raihan PBB kelurahan Jatisari bisa terealisasi,” ujarnya

Perlu diketahui, capaian raihan PBB di kelurahan Jatisari hingga tanggal 06 September 2018 sebesar Rp. 2.212.800.850 atau 78.06 persen, sedangkan target yang harus dicapai sebesar Rp. 2.834.681.607.(RON)