Jasamarga Operasikan Gerbang Tol Cikarang Utara

Pintu Gerbang Tol Cikarang Utara

CIKARANG – PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek akan mulai mengoperasikan gerbang tol Cikarang Utara di kilometer 29 mengarah ke Cikampek pada tengah malam nanti, tepatnya Selasa (28/08) pukul 00.00 WIB.

Gerbang tol itu dibuka agar kendaraan besar dari Pelabuhan Tanjung Priok serta yang sering melintas di jalan tol Jakarta-Cikampek memiliki akses yang mudah menuju Pelabuhan Daratan (Dry Port) di Kawasan Jababeka.

Humas PT Jasa Marga Cabang Jakarta Cikampek, Irwansyah mengatakan, sebelum ada Gerbang Tol Cikarang Utara, kendaraan besar dari Pelabuhan Tanjung Priok yang mengangkut peti kemas selalu keluar di Gerbang Tol Cikarang Barat.

“Kalau melewati Cikarang Barat mereka melewati jalan arteri. Di situ (Cikarang Barat-red) juga manufernya cukup sulit dan timbul kemacetan, dan jalannya untuk kendaraan berat kurang bagus, jalan juga jadi rusak,” kata Irwansyah, Senin (27/08).

Ia menambahkan, Gerbang Tol Cikarang Utara tidak bisa dijadikan akses keluar oleh kendaraan yang berasal dari arah Cikampek.

“Hanya dari Jakarta dan menuju Jakarta. Karena memang diprioritaskan untuk pelayanan peti kemas supaya mempercepat karena dari situ masuk langsung ke Dry Port Jababeka,” tambahnya.

Tarif Gerbang Tol Cikarang Utara untuk golongan satu Rp 4.500, golongan dua dan tiga Rp 6.500, dan golongan empat dan lima Rp 9.000.

Sekedar diketahui, pembangunan gerbang tol Cikarang Utara sebetulnya sudah rampung sejak dua tahun lalu. Namun, Jasa Marga menunggu hasil pengujian dan koordinasi dengan otoritas terkait seperti Badan Pengelola Jalan Tol (BPTJ) dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.