Piala Dunia 2018: Prancis Singkirkan Argentina

Selebrasi Anton Griezman usai cetak gol ke gawang Argentina (foto:net)

Hasil Prancis vs Argentina di babak16 besar Piala Dunia 2018 akhirnya di menangkan Prancis dengan skor 4-3, Sabtu (30/6/2018). Gol Prancis diciptakan Antoine Griezmann di menit 13 lewat tendangan penalti, Benjamin Pavard di menit 57 dan Kylian Mbappe di menit 64 dan 68. Sedangkan gol Argentina disarangkan Angel Di Maria di menit 41, Gabriel Mercado di menit 48 dan Kun Aguero di akhir pertandingan.

Bermain di Kazan Arena, Prancis lebih banyak menunggu di lini pertahanan sambil memanfaatkan serangan balik yang dimotori Kylian Mbappe dan Griezmann yang memang mempunyai kecepatan dalam counter attack. Sedangkan Argentina yang menurunkan trio penyerang, Angel Di Maria, Lionel Messi dan Cristian Pavon belum mampu menciptakan peluang berbahaya di babak pertama.
Mbappe yang memanfaatkan kecepatannya benar-benar membuat pertahanan Argentina porakporanda.

Peluang pertama Prancis didapat setelah lewat tendangan bebas setelah Mbappe dijatuhkan sedikit diuar kotak penalti. Sayang tendangan Griezmann masih membentur mistar gawang. Griezmann berhasil mencetak gol pertama di pertandingan ini lewat tendangan penalti di menit 13 setelah Mbappe dilanggar Marcos Rojo. Meski dalam tayangan ulang pelanggaran tersebut sedikit di luar kotak penalti wasit asal Iran, Alireza Faghani, tetap dengan keputusannya memberi hadiah tendangan penalti.

Jelang akhir pertandingan, Argentina mencoba menaikkan tempo dan menyerang dari sayap sektor kanan, namun crossing yang dikirimkan Pavon belum ada yang menyambutnya. Argentina akhirnya bisa menyamakan kedudukan setelah tendangan kaki kiri Di Maria di menit 41 tidak bisa dihalaunkiper Prancis Hugo Lloris.

Hingga babak pertama selesai, skor Prancis vs Argentina tetap 1-1.

Masuk di babak kedua, Argentina melakukan pergantian pemain, Marcos Rojo diganti Fazio di sektor belakang. Argentina berbalik unggul 2-1 atas Prancis di menit 48 setelah tendangan Messi menyentuh Gabriel Mercado dan membuat Lloris mati langkah.

Prancis nyaris menyamakan kedudukan setelah Fazio salah komunikasi dengan kiper Franco Armani yang membuat Griezmann nyaris mencuri bola. Prancis akhirnya bisa menyamakan kedudukan setelah tendangan geledek bek kanan Benjamin Pavard ke kanan gawang di menit 57 tidak dapat digapai Armani.

Mbappe benar-benar on fire dalam pertandingan ini. Setelah menyebabkan penalti di babak pertama, penyerang Paris Saint Germain itu membuat dua gol dalam waktu empat di menit 64 dan 68. Skor Prancis vs Argentina 4-2.

Argentina memperkecil kedudukan menjadi 4-3 setelah striker Kun Aguero membuat gol di akhir laga lewat sundulan ke sudut kanan gawang. Skor akhir Prancis vs Argentina 4-3.