Surat Suara Pilgub Jabar Segera di Sortir KPU Kabupaten Bekasi

Kantor KPUD Kabupaten Bekasi

CIKARANG – Komisioner KPU Kabupaten Bekasi, Zaki Hilmi mengatakan jumlah surat suara yang diterima KPU Kabupaten Bekasi sebanyak 1.893.524 lembar. Jumlah tersebut sudah termasuk surat suara cadangan sebesar 2,5 %.

“Surat suara ini langsung dikirim dari percetakan sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di kita ditambah 2,5% sebagai surat suara cadangan berbasis TPS,” kata Zaki disela-sela kegiatan bongkar surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tiba di kantor KPU Kabupaten Bekasi, Rabu (06/06) pagi.

Setelah diterima, kata Zaki, KPU Kabupaten Bekasi akan melakukan proses sortir, pelipatan hingga pendistribusian.

“Semua sudah kita siapkan, termasuk tenaga untuk melipat. Insyaallah kita laksanakan mulai Kamis (07/07) besok,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panwaslu Kabupaten Bekasi, Saiful Bahri mengatakan pengiriman surat suara mendapat pengawalan ketat dari anggota kepolisian dan pihaknya.

“Tidak ada kendala saat proses pengiriman dari percetakan,” ungkapnya.

Surat suara itu, tambahnya, selanjutnya akan dilakukan proses sortir dan pelipatan.

“Proses sortir menjadi sangat penting karena dengan proses sortir maka KPU bisa memastikan surat suara yang nantinya akan dilipat dan didsitribusikan ke TPS telah layak digunakan,” tandasnya.

Untuk diketahui, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat diikuti empat pasang peserta diantaranya Ridwan Kamil -Uu Ruzhanul Ulum yang diusung PKB, PPP, Nasdem, dan Hanura.

Pasangan Mayjen (Purn) TB Hasanudin-Anton Charliyan yang diusung PDI Perjuangan.

Pasangan Mayjen (Purn) Sudrajat – Ahmad Syaikhu yang diusung Gerindra, PKS dan PAN, serta duet Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang diusung Golkar dan Demokrat.

Pencoblosan Pilgub Jawa Barat sendiri akan berlangsung pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.(jie)