Kurangi Volume Sampah, Dinas LH Target Bangun Bank Sampah Setiap RW

Kepala DLH Kota Bekasi, Jumhana Luthfi

BEKASI SELATAN – Pemerintah Kota Bekasi terus berkomitmen melakukan mengendalikan permasalahan sampah di Kota Bekasi yang baik untuk bisa meraih piala Adipura Bermartabat. Salah satu cara untuk melakukan pengelolaan sampah dengan memperbanyak Bank Sampah disetiap wilayah.

“Setidaknya, dengan kehadiran Bank Sampah ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi telah berupaya untuk mengurangi beban sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi.

Karena itu, DLH Kota Bekasi perlu membangun dan meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat untuk menjaga dan mengelola lingkungannnya, termasuk target seribu Bank Sampah atau satu Bank Sampah di satu Rukun Warga (RW).

Dengan jumlah 6.724 RT dan 872 RW yang tersebar di 56 Kelurahan pada 12 Kecamatan di Kota Bekasi, sangat diperlukan koodinasi yang baik untuk memantau lingkungannya masing-masing.

“Keberadaan Bank Sampah dapat menampung semua hasil pemilahan sampah. Ini sangat diperlukan karena komponen penilaian Adipura yang lain, terutama infrastruktur sesungguhnya telah tertata rapi di Kota Bekasi,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga terus mengingatkan komitmen para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan peran dan kepedulian masyarakat.

“Untuk kami telah mencoba melakukan rapat evaluasi terkait dengan penilaian adipura yang dilaksanakan setiap bergilir di wilayah kecamatan, sekaligus sebagai tindak lanjut dari komitmen kepala daerah terhadap program peraihan Adipura,” kata Luthfi.

Dengan dukungan steakholder di Kota Bekasi Jumhana Luthfi mengaku optimis Kota Bekasi akan membawa pulang piala Adipura tahun ini. Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi juga memiliki beberapa program unggulan dalam meraih Adipura, salah satunya program Bank Sampah.

“Dengan dukungan tersebut, kami optimis untuk mencapai target Walikota Bekasi untuk meraih Adipura 2018 secara bermartabat akan tercapai,” pungkasnya. (ADV)