BPJS Kesehatan Cikarang Kenalkan Aplikasi Mobile JKN – KESSAN

CIKARANG – BPJS Kesehatan Cikarang menggelar sosialisasi Aplikasi Mobile JKN – KESSAN (Kesan Pesan Peserta setelah Layanan ) pada tanggal 15 Maret 2018.

Dalam rangka mencapai target kepuasan peserta Tahun 2018, BPJS Kesehatan Cabang Cikarang, mensosialisasikan aplikasi Mobile JKN dan Aplikasi KESSAN (Kesan Pesan Peserta setelah Layanan ) kepada Puskesmas dan klinik yang kerjasama di wilayah kerja Kabupaten Bekasi, kamis (15/3/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan dari 180 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Se – Kabupaten Bekasi serta jajaran BPJS Kesehatan Cabang Cikarang.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer, Diana Fadhilah Bukhari mengatakan, melalui aplikasi mobile JKN, peserta BPJS Kesehatan akan semakin mudah dan cepat dalam mendapatkan informasi dan pelayanan yang biasanya mereka dapatkan d Kantor BPJS terdekat, salah satu nya, penggunaan KIS Digital.

“Fitur tampilan KIS Digital sebagai identitas peserta memudahkan peserta mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata Diana

Selain itu, kata Diana, aplikasi Mobile JKN – KESSAN (Kesan Pesan Peserta setelah Layanan) juga turut disosialisasikan kepada seluruh FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Cikarang dan akan terus disosialisasikan kepada seluruh peserta BPJS Kesehatan yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi.

Menurut dia, Aplikasi KESSAN merupakan alat bantu yang dikembangkan BPJS Kesehatan untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta yang berkunjung ke FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama).

“Peserta JKN dapat memberikan penilaian termasuk keluhan dan saran atas pelayanan kesehatan yang diterimanya, penilaian tersebut akan menjadi evaluasi bagi FKTP untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan,” ujarnya.

Diana juga mengatakan bahwa Peserta BPJS Kesehatan di Cikarang mengalami peningkatan setiap tahunnya dan tentu saja berimbas semakin banyaknya kunjungan peserta ke FKTP, nah aplikasi ini dibuat untuk memastikan setiap peserta yang datang berobat mendapatkan hak nya. Dan kalo tidak sesuai, mereka tinggal melaporkan dengan aplikasi KESSAN ini.

“Tingkat Kepuasan peserta atau Customer Satisfaction Index (CSI) di BPJS Kesehatan cabang Cikarang sebesar 81,4 % di tahun 2017 dan harus dipertahankan minimal dan tentunya BPJS Kesehatan Cikarang harus meningkatkan Customer Satisfaction Index (CSI) pada 31 Desember 2018,” ungkapnya.

Diana mengatakan, KESSAN akan ditargetkan pada Tahun 2018 ini sudah diaplikasikan optimal kepada seluruh FKTP yang bekerja sama dan dapat memberikan atau perbaikan diri terhadap KESSAN tersebut. Selain dari pihak FKTP, setiap peserta terdaftar di FKTP juga ditargetkan mengisi KESSAN setelah berkunjung.

Peserta dapat mengisi langsung menggunakan mobile JKN atau peserta dapat mengisi formulir KESSAN, kemudian dilanjutkan oleh Petugas BPJS Kesehatan pada aplikasi KESSAN Web Based.

Diana menambahkan, BPJS Kesehatan Cikarang akan terus melakukan perbaikan dan pembenahan layanan kesehatan baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan diwilayah kabupaten Bekasi dalam memberikan tingkat kepuasan peserta dan mencapai tujuan UHC di tahun 2019 sesuai Road map BPJS Kesehatan.

“Besar harapan aplikasi ini di support oleh FKTP secara penuh. Aplikasi KESSAN sebuah upaya untuk membantu FKTP meningkatkan layanan JKN Bagi Peserta,” pungkasnya.(ADV)