Tidur Siang Sejenak Bermanfaat untuk Kesehatan

Anda tentu pernah mengalami kantuk di siang hari. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya tidurlah walaupun hanya sebentar. Mengapa demikian? Istirahat sejenak di siang hari bisa bermanfaat untuk kesehatan. Ya, selain pola hidup dan pola makan, kesehatan manusia juga tergantung dari pola tidurnya. Seseorang yang memiliki tidur berkualitas akan memiliki kebugaran tubuh serta otak.

Tidur adalah proses mengistirahatkan seluruh organ tubuh dan merehatkan otak untuk kembali bekerja di esok hari. Dilansir doktersehat, selain tidur selama delapan jam di malam hari, seseorang juga sangat disarankan untuk tidur setidaknya satu jam pada siang hari. Adakah alasan di balik itu semua? Penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika mendapati puluhan juta orang yang mengalami gangguan tidur berpotensi mendatangkan penyakit kronis. Selain itu, dilakukan pula survei pada pelajar yang rutin tidur siang dengan pelajar yang jarang, bahkan tidak pernah tidur siang.

Hasilnya, mereka yang rutin tidur siang setidaknya satu jam memiliki tingkat prestasi yang lebih baik dalam bidang akademis. Tidur siang adalah salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan kinerja otak, karena sejak pagi hingga malam otak Anda terus bekerja, sehingga perlu diistirahatkan sejenak pada siang hari.

Survei juga dilakukan pada orang di atas usia 50 tahun. Hasilnya, orang yang rutin rehat satu jam siang hari memiliki mental yang lebih baik serta kinerja otak yang lebih segar.

Dengan tidur siang secara rutin, para lansia diprediksi lebih kuat terhadap risiko pikun atau Alzheimer. Maka tak heran jika di Amerika, setiap kantor ataupun sekolah diberikan fasilitas untuk rehat siang.

Jadi istirahatkan tubuh dan otak di siang hari meskipun hanya sejenak.(bbs/k6)