Kemenristekdikti Danai Peneletian Dosen Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Tasikmalaya – Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS) tahun ini mendapatkan pendanaan penelitian dari DRPM Kemenristekdikti sebanyak 25 Proposal yang kesemuanya akan didanai oleh Kemenristekdikti.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Dr Mujiarto ST MT menuturkan dengan lolosnya proposal yang didanai oleh Kemenristekdikti ini merupakan awal yang baik bagi Perguruan Tinggi yang baru berusia dua tahun.

“Umtas juga tahun yang lalu mengikuti program penelitian dan pengabdian yang diselenggarakan DRPM Kemenristekdikti, namun tak sebanyak tahun ini yang lolos, tahun lalu hanya 14 proposal saja” ucap Mujiarto.

Ini merupakan prestasi yang baik, dengan begitu LPPM nantinya akan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian masyarakat, tentunya dengan indikator luaran penelitian dan pengabdian masyarakat baik dalam Jurnal Nasional atau Internasional, Bahan Ajar, HAKI, Paten, dan luaran lainnya.

“Kita juga akan menggelar agenda rutin seperti Pembinaan, Pelatihan maupun Klinik Proposal,” imbuhnya.

Dari 25 proposal yang lolos, diantaranya 2 Proposal dengan skema Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (PKPT), 22 Proposal dengan skema Penelitian Dosen Pemula (PDP), dan 1 Proposal Pengabdian kepada Masyarakat dengan begitu Umtas telah menunjukkan Prestasi dan Eksistensinya di kancah Nasional dengan bermodalkan niat dan semangat pantang menyerah.

Rektor Umtas Dr Ahmad Qonit AD MA menuturkan sangat bangga dengan pencapaian LPPM Umtas di bawah kepemimpinan Dr Mujiarto ST MT, sehingga menghantarkan Umtas peringkat ke-15 se Kopertis IV sebagai peraih Hibah penelitian Kemenristekdikti pendanaan 2018.

“Dengan begitu, Umtas bisa sejajar dengan PTS besar lainnya di wilayah Kopertis IV,” sebut Ahmad.

Prestasi LPPM UMTAS sudah saya sampaikan ke Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, supaya Umtas diperhitungkan dalam Riset baik di PTMA ataupun di Perguruan Tinggi di Indonesia.

“Ketua LPPM Umtas Dr Mujiarto ST MT juga sudah kita undang sebagai Narasumber pada kegiatan Klinik Proposal Hibah Ristekdikti Pendanaan 2019 yang akan diselenggarakan di bulan Februari nanti di beberapa perguruan tinggi, diantaranya STT Muhammadiyah Cileungsi Bogor, STIA YPPT Tasikmalaya, STMIK Muhammadiyah Banten, dan STKIP Muhammadiyah Rappang Sulawesi Selatan,” sebut Rektor Umtas.

Untuk mencapai Visi dan Misi UMTAS, yaitu Unggul, Islami dan Terkemuka dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) pada Tahun 2035, Umtas akan terus bekerja keras untuk meningkatkan prestasi dosen dalam bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. (js)