‘Sekolah Gorden’ Pemkab Bakal Undang Seluruh Kepsek

Beginilah kondisi ruangan kelas SDN 02 Sirnajaya, Serang Baru, Kabupaten Bekasi

SERANG – SDN Sirnajaya 02 Desa Sirnajaya Kecamatan Serang Baru. Sekolah itu sudah puluhan tahun tidak tersentuh perbaikan sehingga kondisinya memprihatinkan.

Bangunan sudah mulai lapuk dan keropos. Ruang kelas yang disekat gorden sebagai pembatas, atap yang bocor serta halaman upacara yang becek bila musim penghujan.

Ramai diberitakan, Sekda Kabupaten Bekasi dikabarkan akan mengundang 700 kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang ada di wilayah setempat untuk dimintai laporannya terkait kondisi sekolah masing-masing.

“Kita akan undang kepala sekolah (SDN) yang berjumlah 700 itu. Mungkin bertahap. Kita minta profil sekolah. Baik fisik bangunan, jumlah murid dan sebagainya, termasuk lingkungan sekolah,” ujar Sekda Kabupaten Bekasi, Uju, Senin (15/01/2018).

Pihaknya juga menyebut akan membahas langkah lanjutan untuk SDN Sirnajaya 02 yang kekurangan ruang kelas.
“Kita langkahkan persiapan Musrenbang 2019. Kalau memungkinkan APBD 2018, kita akan optimalkam seperti apa,” kata Uju.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, MA Supratman, mengatakan, banyaknya kondisi sekolah yang tidak dilaporkan, ada kaitannya dengan dihapusnya Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan di tingkat kecamatan yang ditiadakan mulai tahun 2018.

“Awalnya, UPTD berperan sebagai pengelola sejumlah sekolah berdasarkan wilayah, sekaligus menjembatani sekolah dengan Dinas Pendidikan. Tapi setelah UPTD dihapus, banyak laporan terkait kondisi sekolah yang selama ini tidak dilaporkan,” ujar dia. (RED)