KPU Kabupaten Tangerang Tunggu Intruksi Pusat Soal Calon Tunggal

Ilustrasi

TANGERANG – Pilkada Kabupaten Tangerang hanya diikuti satu pasang calon Bupati, yakni Ahmed Zaki Iskandar dan Wakil Bupati Mad Romli. Keduanya mendapat dukungan dari 12 partai.

Menanggapi hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang hingga kini masih menunggu arahan dari KPU pusat terkait mekanisme pemilihan calon tunggal pada Pilkada 2018.

“Apakah nanti menggunakan Peraturan KPU (PKPU) lama atau baru, kalau menggunakan PKPU yang lama ada di PKPU Nomor 14 tahun 2015,” ungkap Anggota KPU Kabupaten Tangerang Ali Zaenal Abidin menjelaskan, Jumat (12/1/2018).

Sementara itu, lanjutnya aturannya masih menunggu arahan dari KPU RI. Namun, syarat persentase suara untuk menang, Ali mengungkapkan, tidak ada ketentuan khusus jumlah suara yang harus diperoleh pasangan calon.

“Pasangan calon dapat dikatakan menang jika memperoleh suara lebih banyak dari kotak kosong. Dan tidak ada ketentuan itu (Jumlah suara), pokonya satu pasangan calon, apabila memiliki suara terbanyak maka itu akan terpilih,” tandasnya.(k6)