Pedagang Kecil Kota Bekasi Dapat Bantuan Gerobak Dari Baznas

Pedagang kecil diberikan bantuan gerobak oleh Baznas, rabu (20/12/2017)

BEKASI SELATAN – Baznas Pusat memberikan sebanyak 100 gerobak dan pemberian Modal Usaha kepada para pedagang yang berada di Kota Bekasi. Pemberian bantuan tersebut di lakukan di Gedung Islamic Center di Aula KH. Noer Alie Jalan A Yani, kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Rabu (20/12/2017).

Pemberian gerobak atas usulan Baznas Kota Bekasi yang mengusulkan 100 gerobak pedagang dengan berbagai jenis dagangan yang ada agar mendapatkan gerobak baru dan memberikan modal usaha.

Ketua Baznas Kota Bekasi, Paray Said mengatakan, program pemberian bantuan kepada pedagang menengah ke bawah sudah kita rintis sejak satu tahun lalu program bantuan gerobak.

“Kita lihat pedagang kaki lima gerobaknya perlu di remajakan, tadinya berjualan di meja, dengan adanya gerobak ini bisa berkeliling menjual dagangannya. Alhamdulillah sampai sekarang ini sudah mencapai 120 gerobak yang kami salurankan kepada para pedagang yang ada di seluruh kecamatan di kota bekasi  termasuk tambahan modal,” ujarnya.

“Tambahan modal yang kita berikan bukan hanya untuk modal berjualan saja melainkan untuk membeli sarana berjualan. Sementara ini bagai mereka yang sudah mendapat pasilitas gerobak harus benar-benar di manfaatkan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Dari pemberian gerobak kita akan lihat perkembangannya dan kita harap mereka bisa member infak yang tidak kita tekankan harus segini, jadi mereka mulai mengembalikan dari hasil rezeki yang di dapatnya sedikit demi sedikit agar bisa di berikan kepada Duafa yang lain.

“Mereka (pedagang) harus bisa mengelolah secara baik, semoga menjadi keberkahan untuk mereka para pedagang yang menerima bantuan dari Baznas,” tandasnya.

Tempat sama, Direktur Pendistribusian Baznas Pusat DKI Jakarta, Muhammad Nasir Tajang mengatakan, Baznas Pusat melihat bahwa program ini sangat Strategis dan menyentuh langsung kepada para pengusaha kecil, jadi kata dia, Baznas Pusat mengabulkan semua pengajuan dari pengurus Baznas yang ada di Kota Bekasi ini.

“Selain gerobak kita pun memberikan bantuan ekonomi pada pengusaha pemula. Pengusaha pemula yang usahanya di bawah satu tahun menjadi perhatian utama kita dari Baznas Pusat. Kemudian lagi ada usaha lanjutan dengan berbagai jenis usaha,” ucapnya.

Dijelaskannya, selain gerobak kita juga cukup banyak membuat usaha dan binaan. Kita di sini ada desa binaan dan balai ternak di Suka Indah, mereka sudah terbiasa memelihara domba, kemudian kita support untuk lebih banyak di pelihara kemudian kandangnya juga kita standarkan termasuk kita selalu mengirimkan pembekalan berupa Dokter Hewan.

“Uang 1,5 M untuk modal kita siapkan, kita alokasikan kepada para pedagang di sini. Kami mengharapkan mereka bisa memanfaatkan secara mandiri dan mengoptimalkan bisa secara rutin berkomunikasi sesama pedagang untuk dsaling berbagai pengalaman,” tutupnya.(RON)