13 Lokasi Banjir Dijaga Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Bekasi

BPBD menyiagakan tim reaksi cepat penanggulangan bencana (TRC-PB).

CIKARANG – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Aspuri mengatakan, untuk mengantisipasi kejadian banjir dan ancaman lainnya, BPBD menyiagakan tim reaksi cepat penanggulangan bencana (TRC-PB).

Tim Reaksi Cepat itu merupakan kumpulan relawan yang akan membantu dalam untuk menyikapi tingginya intensitas hujan dan angin kencang akhir-akhir ini

“Tim itu akan ditempatkan di 13 titik lokasi kecamatan yang rawan banjir, tim ini nantinya akan mengkoordinasikan upaya penanganan apabila suatu wilayah tergenang banjir,” ujarnya.

Para petugas dalam tim reaksi cepat didukung peralatan yang akan memudahkan kerja mereka. Perangkat itu juga ditempatkan dilokasi terdekat, bahkan di kendaraan khusus yang dapat bergerak cepat.

“Tim yang dilibatkan ini akan berkoordinasi dengan berbagai instansi dan organisasi kemanusiaan lain. Kerja sama ini diharapkan dapat menghadapi kondisi darurat yang terjadi,” katanya.

Jika mendapat laporan dari Camat atau kepala desa, maka tim tersebut akan langsung datang ke lokasi dan melakukan penanganan bencana.