SMPN 4 Siap Laksanakan UNBK, Tahun Depan

SMPN 4 Bekasi siap ikuti UNBK tahun 2018

BEKASI SELATAN – Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pendidikan menargetkan tahun depan, SMPN di Kota Bekasi sudah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) seluruhnya.

Penerapan UNBK dinilai memberi keuntungan bagi siswa karena lebih efisien, keamanan lembar soal juga lebih terjaga.

Salah satu sekolah ditingkat menengah pertama yang telah siap untuk melaksanakan UNBK adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Bekasi. Sekolah favorit yang ada di Kota Bekasi tersebut mengaku sudah jauh-jauh hari mempersiapkan anak didiknya untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“SMPN 4 Bekasi sudah sangat siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). “Kami sangat siap menghadapi UNBK tahun depan,” Kepala SMP Negeri 4 Bekasi, kata Sri Mulyani, dikantornya, Senin (13/11/2017).

Dikatakannya, Sebelum menjadi Kepala Sekolah (Kepsek) di sekolah ini, sejak awal saya memang sudah bertekad untuk mengikuti UNBK, namun hanya ada sedikit kendala dalam rotasi Kepsek dari SMPN 9 dirotasi ke SMPN 4 yang saat ini saya duduki,” ujarnya.

Untuk persiapan UNBK kedepan, kata dia, sekolahnya sudah mempersiapkan segala hal seperti tower jaringan, instalasi internet dan keamanan setting kelas.

Demi kenyaman diruang kelas untuk pelaksanaan UNBK bagi anak didiknya dengan memberikan karpet, pagar pengaman, serta AC pun sedang dalam proses pemasangan.

“Untuk saat ini kita hanya ada sedikit kendala dalam listrik saja, karena tenaga listrik dari 5500 dinaikan menjadi 33.000 watt, lalu server yang kita sediakan sebanyak 5 server untuk 11 ruang kelas,” ulasnya.

Lalu, terkait adanya kekurangan jumlah komputer, pihak SMPN 4 Bekasi akan meminjam dari orang tua siswa melalui Kominte Sekolah.

“Saya akan pinjam sisanya dari orangtua siswa dengan cara sukarela, dan semua ini yang menggerakan adalah komite sekolah, jadi komitelah yang menggerakan user tersebut,” pungkasnya.(RON)