Goa Alam di Bojongmangu Jadi Potensi Wisata di Kabupaten Bekasi

pegiat sejarah kabupaten Bekasi jelajahi Goa Alam di kp. Guha, Desa Bojongmangu,Kec. Bojongmamgu

BOJONGMANGU – Tak hanya sekedar industri, wilayah Bekasi ternyata memiliki kekayaaan aset potensi wisata sejarah, budaya dan alam. Baru-baru ini para pegiat sejarah budaya mengeksplor keberadaan sebuah goa alam di Kp. Guha Ds. Bojongmangu Kec. Bojongmangu Kab. Bekasi.

Pada hari Sabtu (21/10/2017) para pegiat sejarah Bekasi yang menamakan dirinya Syang Pewaris Peradaban yang terdiri dari beberapa komunitas di wilayah Kabupaten Bekasi bagian selatan melakukan penelusuran terkait sejarah goa tersebut. Dengan diantar oleh seorang juru pelihara goa, mereka melihat goa dan berbicara tentang sejarah goa itu.

Ahmad Djaelani, salah seorang Pegiat Syang Pewaris Peradaban, menyampaikan bahwa apa yang dilakukan pihaknya merupakan bagian untuk mendorong pembangunan pariwisata yang tengah digalakkan oleh Pemda Kabupaten Bekasi.

Ia juga mengatakan kedatangan mereka kali ini bukan yang pertama, melainkan sudah kesekian kalinya.

“Kemarin bulan Agustus kita datang kesini, sekarang kita kesini datang lagi untuk melakukan identifikasi goa. Kita pengen tahu kedalaman goa, di dalam goa ada apa. Ini termasuk goa ekstrem, karena posisi lubang utama goa secara vertikal seperti sumur,” kata Ahmad Djaelani.

Di kawasan ini ada beberapa lubang goa yang saling terhubung. Namun yang dikunjungi oleh para pegiat adalah luang goa yang paling besar.

“Kabupaten Bekasi bagian selatan yang konturnya banyak perbukitan banyak menyimpan potensi wisata sejarah, budaya dan alam. Kita berharap Pemkab Bekasi serius menggali dan mengembangkan potensi wisata ini,” kata Ketua Cibarusah Center itu.(RED)