Tol Jakarta-Cikampek Mulai Terapkan Pembayaran Elektronik 100 Persen

 Konferensi Pers Jasa Marga Jakarta Cikampek, tentang Transaksi Non Tunai 100%, Selasa (19/09/2017)

BEKASI TIMUR – PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek secara bertahap akan mengubah metode pembayaran transaksi tunai menjadi non tunai (Elektronik) pada seluruh Gerbang Tol di Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai September 2017. Target menerapkan 100 persen pembayaran non tunai di seluruh jalan tol pada tanggal 31 Oktober 2017.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, mengatakb, perubahan metode pembayaran transaksi ini merupakan bentuk dukungan Jasa Marga untuk program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang sudah direncanakan sejak tahun 2014 oleh Pemerintah. Selain itu juga untuk meningkatkan pelayanan Jasamarga kepada pelanggan.

“Pembayaran elektronik berguna untuk percepatan transaksi, waktu antrian. Ujungnya nanti akan membuat lebih praktis, cepat dan efisien pelayanan secara keseluruhan,” ucap Dwimawan Heru dalam konferensi Per di kantor Cabang Tol Jakarta-Cikampek, Rawalumbu, selasa (19/9/2017).

Menurutnya, bila pembayaran masih menggunakan uang tunai membutuhkan waktu transaksi sekitar 9-12 detik, dengan menggunakan menggunakan uang non tunai membutuhkan waktu transaksi 3-4 detik, sehingga akan mempercepat pelayanan.

“Itulah benefit yang didapat oleh masyarakat, mempercepat waktu dan lebih praktis,” ujarnya.

Dwi menjelaskan, lalulintas tol Jakarta-Cikampek per harinya sekitar 600.000 kendaraan. Di tol Jakarta-Cikampek saat ini masih ada dua sistem yaitu sistem terbuka dan tertutup. Dalam Sistem terbuka di tol Jakarta-Cikampek sendiri rata-rata lalulintas hariannya mencapai 300.982 kendaraan (73%) yang menggunakan traksaksi tunai, sedangkan untuk transaksi elektronik (Non Tunai) sekitar 111.137 (27%) kendaraan perharinya.
Pada sistem tertutup yang menggunakan traksaksi tunai 138.386 perharinya atau sekitar 86%, untuk yang sudah menggunkan pembayaran elektronik (Non Tunai) sekitar 34.782 kendaraan perharinya atau persentasenya 20%.(RON)