Tidak Ada Anggaran, Program ‘Kotaku’ Belum Bisa Terealisasi

Ilistrasi Kotaku

CIKARANG – Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bekasi sedikitnya terdapat 21 Desa di Kabupaten Bekasi yang dinyatakan kumuh. Pemerintah Kabupaten Bekasi sendiri telah mencanangkan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), namun hingga saat ini belum terealisasi.

“Belum terealisasinya program tersebut disebabkan karena di tahun 2017 tak ada anggaran yang berasal dari APBD Pemkab Bekasi untuk pembedahan kawasan kumuh,” kata Kepala Bidang Pemukiman pada DPKPP Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha

“Kemungkinan untuk program Kotaku akan difokuskan di tahun 2018. Sebab di tahun ini kan ada penerapan PP 17 tentang Organisasi Perangkat Daerah sehingga di tahun ini kita hanya meneruskan perencanaan sebelumnya,” tambahnya.

Menurutnya, alasan program tersebut baru direalisasikan di tahun 2018 karena sesuai dengan perencanaan yang dimasukan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bekasi.

“Program Kotaku rencana pembangunan yang bakal dilakukan adalah dengan membangun Jalan Lingkungan (Jaling), Saluran Air (Drainase), Tempat Mandi Cuci Kakus (MCK) dan Tempat Pengelolaan Sampah Lingkungan (TPSL),” terang Imam.(RED)