Kerjasama PLN dan BPJS Kesehatan Cikarang, 331 Warga Tarumajaya Dapat Kartu JKN-KIS Gratis

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cikarang secara simbolis menyerah kartu JKN-KIS Kepada warga Tarumajaya, jumat (15/9/2017)

TARUMAJAYA – BPJS Kesehatan Cabang Cikarang menyerahkan sebanyak 331 kartu JKN-KIS gratis kepada masyarakat Desa Segarajaya dan Pantai Makmur, yang dilakukan di Kampung Mandala, Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, jumat (15/9/2017).

Pemberian kartu JKN-KIS kepada warga Dua Desa di Kecamatan Tarumajaya tersebut atas kerjasama antara BPJS Kesehatan Cabang Cikarang dengan PT. PLN (Persero) UPP KIT JBT 3 Muara Tawar melalui Donasi program Corporate Sosial Responsibility (CSR) senilai Rp101.286.000.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cikarang, Nur Indah Yuliaty mengatakan, penyerahan kartu JKN-KIS ini adalah bentuk kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan PT. PLN (Persero) yang sudah dilakukan belum lama ini terkait penyaluran dana CSR untuk masyarakat di dua Desa di Kecamatan Tarumajaya.

“Ada 331 masyarakat yang didaftarkan ke program JKN-KIS dengan iurannya di bayarkan oleh PT. PLN (Persero) selama jangka waktu 1 tahun, mulai bulan September 2017 sampai 31 Agustus 2018. Semoga kedepannya program ini berkelanjutan,” ucap Nur kepada beritabekasi.co.id, saat di temui di lokasi menyerahkan kartu JKN-KIS di kampung Mandala, Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya.

Wahyu Nugroho, humas PT PLN UPP KIT JBT 3 Muara Tawar secara simbolih menyerahkan Donasi CSR PT. PLN (Persero) pembiayaan JKN-KIS selama 1 tahun untuk warga Tarumajaya

“Semua kartu JKN sudah diserahkan hari ini, sudah aktif. Sudah bisa digunakan mulai per 1 September 2017 lalu,” sambungnya.

Nur Indah Menuturkan, fasilitas kesehatan yang bisa di akses oleh masyarakat Kecamatan Tarumajaya sendiri untuk faskes tingkat pertama yaitu Puskesmas Tarumajaya yang punya Pemerintah, sementara untuk klinik swasta yaitu klinik Hadi Medica. Sedangkan, tambah Nur, untuk rumah sakit yang sudah bekerjasama diwilayah Kecamatan Tarumajaya baru Rumah Sakit Tarumajaya yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Cikarang.

“Karena, RS Tarumajaya hanya satu-satunya Rumah Sakit yang berada di Kecamatan Tarumajaya. Kita (BPJS-red) sudah bekerja sama dengan RS Tarumajaya mulai 1 Agustus 2017,” imbuh Nur.

Nur menjelaskan, Diwilayah Kabupaten Bekasi, saat ini baru tercatar sekitar 2,1 juta jiwa yang sudah terdaftar dalam program JKN-KIS. Angka tersebut sekitar 60 persen dari total penduduk Kabupatan Bekasi yang berjumlah 3,5 Juta jiwa.

“Jadi masih ada pekerjaan rumah yang harus di kerjakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Cikarang untuk menjangkau semua penduduk Kabupaten Bekasi agar terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Road Map nya sudah jelas paling lambat 1 Januari 2019, semua masyarakat memilik Jaminan Kesehatan,” tutupnya.

Tempat yang sama, Wahyu Nugroho, humas PT PLN UPP KIT JBT 3 Muara Tawar menyebutkan kriteria warga yang didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS adalah warga kurang mampu yang terdapat di Desa Segarajaya dan Pantai Makmur, Kecamatan Tarumajaya.

“Sesuai kesepakatan, persentasenya 60 persen warga Desa Segarajaya dan 40 persen warga Desa Pantai Makmur yang didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS,”ujar Wahyu.

“Kita sudah menganggarkan dana CSR untuk tahun depan. Insya alloh, diawal tahun bagi warga belum terdaftar menjadi peserta JKN-KIS bisa kita daftarkan,”harapnya.(RON)