PKK Kedungawaringin Dukung Dinas Koperasi dan UMKM Bikin Pusat Oleh-Oleh

Dinas Koperasi dan UMKM

CIKARANG – Penggerak PKK di Kecamatan Kedungwaringin, Betty menyebutkan produk barang dan makanan hasil UMKM di Kabupaten Bekasi sudah lumayan bagus.

“Jangan salah loh…., hasil produksi dari UMKM Kabupaten Bekasi sudah bagus banget,” singkatnya.

Dalam gelaran lomba saja kata Bety, UMKM dikecamatan Kedungwaringin sudah 2 kali menang dalam lomba UMKM Kabupaten Bekasi.

“Tahun 2015 menang produknya makanan, 2016 juga menang lagi produknya makanan,” katanya.

Dia menyebutkan, produk asal Kabupaten Bekasi mampu bersaing dengan daerah lainnya di Indonesia.

“Secara umum, Kabupaten Bekasi punya berbagai macam produk UMKM, seperti mobilan kayu, souvner kayu, telor asin, presto patin, bandeng, semur gabus, opak gambir, dan masih banyak lagi yang sudah bersaing dengan daerah lain di Indonesia,” bebernya.

Meski hasil produksi sudah bagus, menurut dia, harus didukung dengan kemasan yang bagus dan pemasaran yang tepat. Disitulah peran dari Pemerintah Daerah khususnya Dinas Koperasi dan UMKM turun tangan.

“Potensi yang kita punya ini sudah bagus banget. Nahh.. jangan disia-siakan, butuh dukungan penuh dari Dinas Koperas dan UMK, DInas Pariwisata, dan Dinas terkait lainya untuk mempromosikan, dan memasarkannya,’ jelasnya.

Disisi lain, kata istri dari Camat Kedungwaringin ini, berharap adaya pusat oleh-oleh Kabupaten Bekasi yang bisa dijadikan tempat bernaungnya hasil produksi UMKM.

“Kita punya potensi seharusnya bikin gerai, gak perlu bangun gedung, cukup sewa bangunan aja dulu untuk menampung semua hasil produksi UMKM. Agar pemasaran bisa lebih bagus lagi,” jelasnya.

Pemerintah daerah juga harus mengimbau tamu kedinaasan agar menginap dan membeli oleh-oleh di Pusat oleh-oleh Kabupaten Bekasi.

“Bisa saja diberi nama Bekasi Food Cetre, taua Cikarang Food City, dimana travelnya harus kita kasih tau untuk bawa rombongan ke sentra oleh-oleh Kabupaten Bekasi,” katanya.