Dinas Koperasi dan UMKM Wujudkan Modal Usaha dan Central Oleh-Oleh Kabupaten Bekasi

Stand Dinas Kopera dan UMKM dalam gelaran Festival Batik Indonesia di Graha Pariwisata, Kabupaten Bekasi

CIKARANG – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Entah Ismanto menyebutkan sampai dengan saat ini, Dinas yang dipimpinnya sudah melakukan inventarisir Koperasi dan UMKM. Jumlah Koperasi mencapai lebih dari 1000, sementara UMKM ada 6000 dari skali kecil dan menengah.

Dalam mewujudkan kemandirian Koperasi sebagai pelaku strategis dalam perekonomian Nasional, perlu peningkatan akses kepada sumber daya produktif.

Karena salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengembangkan modal usaha bagi para anggotanya. Oleh karenanya pemerintah sangat berharap bahwa Koperasi yang ada sekarang ini dapat tumbuh dan berkembang bukan hanya kuantitas namun kualitasnya harus lebih dikedepankan.

“Karena Koperasi bekualitas berarti sehat sehingga dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana yang kita harapkan bersama,” katanya.

Sementara Sekertaris  Dinas Koperasi dan UMKM, Andung mengatakan, untuk memberdayakan Koperasi dan UMKM harus ada sinegitas dengan pelakuknya langsung.

Untuk memberdayakan Koperasi dan UMKM supaya ekonomi kerakyatan Kabupaten Bekasi bisa merata, akan dibuatkan pusat UMKM atau outlet outlet Koperasi seperti kerajinan yang ada di beberpa daerah di kawasan wisata.

Andung menambahkan,  Dinas Koperasi dan UMKM punya kesepakatan dalam memberdayakan Koperasi dan UKM.

“Sesuai UU no.25 th.1992, bahwa kita akan hidupkan Koperasi dan UKM,” tutupnya.

Dorongan pertumbuhan ekonomi di masyarakat dan terciptanya jual beli yang sehat, dibutuhkan komitmen dari Pemkab untuk penguatan peran pelaku UMKM maupun koperasi dalam mendapatkan kemudahan fasilitas dan memperoleh pinjaman modal untuk mengembangkan usahanya ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Pemkab Bekasi memberi dorongan terhadap pelaku UMKM maupun koperasi yang sangat membutuhkan bantuan pinjaman dari pihak bank untuk memproduksi dan memasarkan karya kerajinan.

Berikut merupakan tabel koperasi aktif dan tidak aktif  DATA KOPERASI – AKTIF DAN TIDAK AKTIF